1 Desember, Selamat Hari AIDS Sedunia!


Hargo.co.id – Hari ini, 1 Desember, masyarakat memperingati Hari AIDS Sedunia. Sebanyak 78 juta masyarakat dunia sudah terinfeksi virus HIV dan ada 35 juta masyarakat dunia yang meninggal karena virus mematikan ini.

Dunia melalui organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNAIDS berkomitmen untuk mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030 sebagai salah satu tujuan dari Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Ada 18 juta orang yang saat ini hidup dalam pengobatan HIV dan ditargetkan dapat mengeliminasi penularan dari ibu terhadap bayinya.

“Kita harus menang melawan epidemik AIDS. Namun kita akui jumlah orang dewasa terinfeksi HIV tidak menurun, paling banyak wanita muda yang berisiko terinfeksi HIV,” kata Direktur Eksekutif UNAIDS Michel SidibĂ© dalam keterangan pers di laman website UNAIDS.

Banyak gadis remaja di Afika saat in sedang dalam masa bahaya. Wanita muda mengalami tiga ancaman yaitu risiko infeksi HIV, rendahnya tes uji HIV, dan ketidaktahuan penanganan HIV.

Penyakit penyerta orang dengan HIV AIDS (ODHA) diantaranya Tubercolosis (TB), kanker serviks, hepatitis C. Ini semua berisiko dan ditargetkan berkurang di tahun 2020 hingga 500 ribu kematian. (JPG/hargo)

 

Share

Leave a Comment