2 Tahun Posyandu Tuweya Tabiar

2 Tahun Posyandu Tuweya Tabiar Posyandu di Desa Tuweya, Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato mengakibatkan bangunan mulai rusak, kemarin, (2/11). (foto : Felix/GP)

Berita Terkait


Hargo.co.id WANGGARASI – Keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Tuweya, Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato terkesan mubasir. Sudah sekira dua tahun, Posyandu tersebut tidak lagi difungsikan. Tak perlu heran bila kontruksi bangunannya mulai rusak.

Pemerintah desa setempat tak ogah mengurusi keberadaan Posyandu tersebut dengan alasan perawatan dan pemanfaatannya merupakan wewenang mutlak Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato.

Pantaun Gorontalo Post kemarin (2/11) Posyandu yang dibangun pada tahun 2014, saat ini sangat memprihatinkan, layaknya kandang ternak kamibing, pasalnya banyak kambing yang berkeliaran dilokasi tersebut. Seharusnya pemerintah telah memfungsingkan bangunan tersebut untuk pelayanan kesehatan yang di desa.

Akan tetapi, bangunan tersebut dibiarkan dengan keadaan terbuka dan tak berpenghuni. Salah satu warga, yang namanya tak mau dikorankan mengatakan, entah apa yang menjadi alasan dari pemeritah dasa hingga sampai detik ini, bangunan yang ditujukan sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat desa tidak dimamfaatkan, padahal sudah mengeruk anggaran dari Pemerintah yang cukup besar.

Seharusnya bangunan tersebut sudah digunakan sebagaimana mestinya, namun oleh pemerintah desa dibiarkan begitu saja.

“Saya sebagai masyarakat sangat prihatin melihat bangunan yang menelan anggaran begitu besar, namun dibiarkan tanpa fungsikan oleh pemerintah desa. Kepala desa seharusnya memiliki jiwa inovatif untuk menyikapi persoalan ini, jangan dibiarkan rakyat merugi karena persoalan ini. Pelayanan kesehatan masyarakat harus diutamakan oleh pemerintah. Uang negara yang dorang ada kase rugi dibangunan itu, baru dorang tidak kase guna kamari saja, mo tunggu nanti so rusak baru mo usulkan untuk perehapan”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tuweya, Adam S Daud saat dimintakan tanggapan terkait bangunan Posyandu tersebut mengatakan, bahwa pemerintah desa akan segera memfungsikan bangunan tersebut sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di Desa Tuweya.

“Bangunan posyandu yang sampai dengan saat ini belum kami fungsikan, karena kami di desa masih banyak kegiatan yang harus kami selesaikan. Jadi temapat untuk pelayanan kesehatan kami menggunakan aula kantor desa, tapi tahun depan akan segera fungsikan bangunan, neskipun secara teknis kader kesehatan desa yang bertanggung jawab penuh atas pemanfaatan bangunan itu, ungkap Kades. (tr-30/hargo).

Share

Leave a Comment