30 Finalis Sayembara Design Homestay Berebut Jawara

30 Finalis Sayembara Design Homestay Berebut Jawara Panitia Sayembara Desain Homestay Nusantara 2016 telah memutuskan 30 finalis yang akan bersaing memperebutkan gelar juara utama pada 25 Oktober mendatang. (Instagram/Kemenpar)

Berita Terkait


Wonderful Indonesia

Hargo.co.id JAKARTA – Teka teki siapa yang akan menjadi pemenang Sayembara Desain Homestay Nusantara 2016 mulai mendapatkan titik terang. Panitia Pelaksana kegiatan tersebut, Propan Raya telah memutuskan sebanyak 30 finalis yang bakal bersaing ketat memperebutkan juara pada saat pengumuman, di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, 25 Oktober 2016, mendatang.

”Finalis-finalis itu diambil dari seluruh peserta dan dilihat dari 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata, di satu destinasi ada tiga finalis yang masuk, maka totalnya menjadi 30 finalis,” ujar Owner Propan Raya, Hendra Adidarma, menunggu hari-hari menjelang pengumuman.

Kegiatan yang sukses memecahkan Rekor MURI sebagai sayembara Desain Arsitektur Nusantara Homestay untuk peserta terbanyak itu, adalah gawe Propan Raya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memperebutkan total hadiah Rp 1 Miliar.

Menpar Arief Yahya senang dengan antusiasme para desainer muda yang memiliki selera tinggi itu. “Kita juga akan bekerjasama dengan Kemendes dan Kemen-PU PR untuk membangun lebih banyak desa wisata di tanah air, dengan menggunakan desan arsitektur ini,” kata Menpar Arief Yahya.

Maka, jika dilakukan dengan konsisten dan dikelola berdasarkan cluster yang terplanning, maka rumah-rumah homestay itu sendiri akan menjadi atraksi yang memikat. Orang dating bukan hanya karena amenitas yang murah meriah di homestay, tetapi karena ada atraksi dan sensasi yang khas dari masing-masing daerah, karena perbedaan desain sesuai dengan suku bangsa, adat istiadat, dan budaya membangun rumahnya.

Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016 ini mendapat respon yang luar biasa dari berbagai arsitek di Indonesia sejak diluncurkan pada Malam Arsitektur Nusantara bulan Juli lalu. Tercatat sebanyak 993 tim yang mendaftar melalui website http://arsitekturnusantara.propanraya.com/ untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan sayembara ini.

Hingga proses penjurian, akhir September 2016, terdapat 728 karya arsitektur bercorak Nusantara yang selaras dengan arsitektur di 10 Destinasi Wisata Prioritas membanjiri Balairung Soesilo Sudarman.

Share

Leave a Comment