35.282 Warga Gorontalo Tak Kantongi e-KTP


 

GORONTALO,Hargo.co.id – Jumlah warga yang belum mengantongi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Gorontalo masih sangat banyak.

Jumlahnya mencapai 35.282 jiwa, tersebar di seluruh kabupaten/kota di Gorontalo.

Padahal, para warga yang belum memiliki e-KTP itu merupakan penduduk wajib pilih untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo pada bulan februari 2017 mendatang.

Sesuai ketentuan, salah satu syarat bisa memilih adalah warga yang telah mengantongi e-KTP.

Jika tidak, maka wajib menunjukan surat keterangan dari Dinas Catatan Sipil, bahwa e-KTP sadang dalam proses perekaman.

Data ini dibeber Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, saat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Kamis (3/11) di Hotel Maqna Kota GOrontalo.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Muhammad N Tuli mengungkapkan, jumlah pemilih Gorontalo yang tercatat dalam DPS KPU Provinsi Gorontalo adalah 796.657 jiwa. Jumlah ini teridiri dari pemilih laki-laki berjumlah 396.974 orang, sedangkan pemilih perempuan berjumlah 399.683 orang.

“Jumlah ini berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian yang telah dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Adapun jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri ke KPU sebanyak 813.640,” ujarnya.

Muhammad juga mengungkapkan, dari jumlah pemilih 796.657 itu, terdapat pemilih yang belum memiliki KTP elektronik atau belum dipastikan KTP elektronik sebanyak 35.282.  (tr-45/hargo)

Share

Leave a Comment