5 Desa di Gorontalo Utara Diterjang Banjir


GORUT, hargo.co.id – Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (11/11) kemarin, diguyur hujan.

Meski tidak berlangsung lama, namun akibat hujan lebat itu, sedikitnya 5 desa di wilayah tersebut tergenang air.

Masing-masing Desa Bubode, Gentuma, Dumolodo, Nanati Jaya dan Molonggota. Menurut salah seorang warga Desa Bubode, Kecamatan Tomilito, Riskal Gou mengatakan, memang setiap hujan, warga selalu waspada.

“Sama halnya dengan hujan tadi yang hanya berlangsung sekitar satu jam, dampaknya langsung terasa. Air sungai langsung meluap hingga ke rumah-rumah warga,” katanya.

Untung saja, kata Riskal, dampak meluapnya air sungai tersebut tidak berlangsung lama. Luapan air sungai sekitar pukul 16.00 wita dan sekitar pukul 17.00 wita mulai surut.

“Kalau di rumah saya, air hanya sampai di halaman dan garasi. Namun barang-barang telah dikemas dan ditempatkan agak tinggi dan tidak terjangkau air ketika akan naik,” ujarnya.

Memang untuk saat ini, sungai yang ada di Desa Bubode telah dilakukan normalisasi, namun hal itu tidak terlalu berdampak.

“Ketika hujan, debit airnya tinggi. Sungai yang ada tidak mampu menampung debit air, sehingga luapannya berdampak ke pemukiman warga,” paparnya.

Kepala Dinas Sosial Gorut, Suprizal Yusuf mengatakan, untuk saat ini di Desa Bubode, yang terkena dampak sebanyak 12 rumah. Begitu juga dengan beberapa desa lainnya di Kecamatan Gentuma Raya. Banjir kali ini airnya tidak tergenang, namun langsung surut.

“Dan Kampung Siaga Bencana (KSB) tengah melakukan pembersihan Dinas Sosial akan turun lapangan besok (Sabtu, 12/11) untuk menyalurkan bantuan berupa beras dan lauk pauk kepada korban banjir,” tandasnya.(abk/hargo)

Share

Leave a Comment