8 Warga Bone Bolango Positif DBD


BONBOL, hargo.co.id – Penyebaran bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) makin parah.

Hingga Kamis (3/10), tercatat sudah 19 penderita DBD yang kini dirawat di Rumah Sakit Daerah Toto Kabila, Kabupaten Bone Bolango.

Jumlah kasus DBD ini meningkat dari yang sebelumnya hanya berjumlah 5 orang.

Data yang dirangkum Gorontalo Post (grup hargo.co.id), dari 19 penderita DBD itu 8 diantaranya telah dinyatakan positif DBD dan 11 orang masih mengalami gejala-gejala DBD.

Pasien DBD yang kini dalam perawatan intensif RS Toto Kabila didominasi warga Desa Bubeya Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango berjumlah 8 orang diantarannya YU(40), BM(29), IM(24), BA 6), ER (26), JD (27), HA (41), dan NL (17).

Ditambah lagi 1 warga Desa Uwabanga Kecamatan Kabila Bone.

Kepala Seksi Pelayanan Medik RS Toto Kabila Dr.Milyadi Maksum membenarkan, saat ini memang jumlah pasien DBD terus bertambah.

Sesuai pemeriksaan Lab sudah 9 orang termasuk 8 warga suwawa yang saat ini dalam perawatan rumah sakit.

Milyadi juga mengaku pasien DBD tersebut kemungkinan saja akan bertambah karena hingga kemarin warga masih terus berdatangan untuk memeriksakan gejala DBD.

“Sudah banyak warga yang sakit panas langsung ke rumah sakit,”ungkap Dr.Milyadi.

Lebih lanjut Dr.Milyadi menjelaskan, pihak rumah sakit pun akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terhadap Pasien.

Apalagi dengan adanya DBD saat ini tentunya masyarakat lebih wanti-wanti lagi, dan lebih banyak lagi akan berkunjung ke rumah sakit.

“Jika pasien DBD terus bertambah maka kemungkinan akan kami rujuk ke RS lain,”pungkasnya.

Kades Bubeya Abdul Hais Lahay mengatakan, banyaknya penderita DBD di wilayahnya diduga disebabkan kondisi lingkungan yang kurang memadai, sehingga di tempat-tempat yang tertentu bisa menimbulkan jentik jentik nyamuk.

“Memang pengaruhnya lingkungan yang kotor sehingga nyamuk bisa hidup dan menyebar kepada masyarakat,”ungkap Abdul Hais.

Sayangnya pemerintah setempat belum menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus DBD dengan alasan masih dilema.  (roy/tr48/tr-49/and/abk/hargo)

Share

Leave a Comment