Akses Kapal ke Karimunjawa Makin Terbuka


Hargo.co.id JAKARTA – Kabar gembira datang untuk destinasi pariwisata Karimunjawa. Salah satu destinasi unggulan di Jawa Tengah itu akan semakin mudah akses transportasinya setelah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah layanan penyebrangan dari Jepara ke Karimunjawa.

”Kami tingkatkan ini karena komitmen kami mendukung pariwisata Indonesia dengan menghadirkan KMP Siginjai dengan rute Jepara-Karimunjawa. Karimunjawa sudah mulai berkembang dan diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kami ciptakan transportasi ini dengan harga terjangkau untuk wisatawan,” ujar PLT Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi, Minggu (20/11).

Layanan penyebrangan ini, imbuh Faik, sangat penting dalam mendukung akses transportasi dari dan ke Karimunjawa. Tidak hanya sebagai akses transportasi, tetapi KMP Siginjai yang melayani rute Jepara-Karimunjawa juga memiliki peran vital terhadap pembangunan daerah di Karimunjawa karena menjadi satu-satunya moda transportasi yang diandalkan sebagai angkutan transportasi.

“Tidak hanya mengangkut penumpang dengan kapasitas hingga 260 orang, tetapi KMP Siginjai yang melayani Jepara-Karimunjawa juga dapat mengangkut sekitar 19 unit kendaraan. Tentu layanan ASDP di lintasan ini dapat menjadi pilihan utama, karena selain tarif terjangkau (subsidi), fisik kapal yang besar relatif lebih aman dan nyaman saat ombak besar,” kata Faik.

Kata Faik, perekonomian di wilayah Karimunjawa pun juga bergantung kepada KMP Siginjai, karena jika seminggu saja tidak beroperasi, masyarakat akan kesulitan karena berimbas kepada kenaikan harga barang yang menjulang tinggi.

Sementara itu, GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Jepara Yudhi Yanuar mengatakan KMP Siginjai menjadi moda transportasi yang digemari oleh wisawatan yang ingin menyeberang ke Karimunjawa, terutama wisawatan luar negeri.

“Walau ada kapal cepat, KMP Siinjai masih dicari. Selain tarif tiket yang murah, sepertiga dari kapal cepat, jadwal KMP Siginjai lebih pasti dan lebih nyaman. Waktu pelayaran sekitar 5-6 jam, jika cuaca bagus bisa lebih cepat,” ujar Yudhi.

Share

Leave a Comment