Awal Tahun, Harga Bahan Bangunan Stabil


 

Hargo.co.id GORONTALO – Di awal tahun 2017, harga sejumlah bahan bangunan yang dijual di beberapa toko bangunan di Kota Gorontalo cenderung stabil.

Permintaan bahan bangunan yang masih minim menjadin salah satu alasan pengusaha enggan untuk menaikan harga jual.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, Senin (9/1), beberapa bahan bangunan yang harganya masih stabil yaitu, Semen Tonasa dibanderol Rp 64 ribu per sak dan semen Bosowa Rp 63 ribu per sak.

Besi SNI panjang 12 berbagai ukuran 6 Rp 23 ribu, ukuran 8 Rp 40 ribu, ukuran 10 Rp 60 ribu dan besi SNI ukuran 16 Rp 165 ribu per ujung.

Begitu pula, paku ukuran 5, 6, 8, 10 dan 12 masih normal, dijual dengan harga Rp 15 ribu per kg.

“Menguatnya nilai tukar rupiah belum berpengaruh terhadap harga bahan bangunan yang dijual di pasaran saat ini, termasuk bahan bangunan yang dijual di toko saya.

Permintaan saat ini masih sunyi, kemungkinan ini disebabkan pembanguan di Gorontalo awal tahun masih dipending,” kata Endang, salah seorang owner toko bangunan Duta Mulia.

Desi, karyawan toko bangunan yang terletak di komplek pasar tua Kota Gorontalo mengatakan, harga bahan bangunan diprediksi akan mengalami kenaikan pada Februari nanti. Menurutnya, itu disebabkan,

nilai tukar rupiah yang diperkirakan akan melemah pada bulan depan.

“Selain itu, permintaan masyarakat yang akan melakukan pembangaun di tahun 2017 ini akan mendongkrak kenaikan harga sejumlah bahan bangunan di Kota Gorontalo,” ujarnya.(tr-56/hargo)

Share

Leave a Comment