Bahaya! Jangan Simpan Telur Di Kulkas


Hargo.co.id – Beberapa orang memiliki kebiasaan menyimpan telur di dalam kulkas namun tidak menyadari bahaya apa yang mengancamnya.

Perlu diketahui, menyimpan telur dalam suhu dingin, seperti di kulkas, sama saja membiarkan beberapa bakteri berbahaya yang terdapat pada cangkang telur tetap dalam keadaan hidup, salah satunya adalah bakteri salmonella.

Beberapa studi menyebutkan bahwa menyimpan telur dengan suhu normal dapat menurunkan persentase bakteri tetap hidup pada cangkang telur dibandingkan dengan telur yang disimpan di dalam kulkas.

Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain adalah seperti Gastroenteritis, diare berkepanjangan dan infeksi.

Parahnya lagi, salmonella kerap beranak-pinak ketika berada dalam suhu dingin dan dapat mengkontaminasi apapun yang berada di dalam kulkas anda, untuk alasan ini jugalah mengapa anda harus menghindari hal ini.

Saking seriusnya, beberapa negara di Eropa melarang warganya untuk menyimpan telur di dalam kulkas, bahkan ada undang-undang yang mengatur tentang hukuman bagi mereka yang melanggar larangan ini.(Fajar/hargo)

Share

KOMENTAR

  • Eka

    Infonya bagus. Tp brt spt ini alangkah baiknya sumber brtnya dr mana? Paling tidak ada pendapat pakar. Kl cuma tulisan bgt tanpa sumber. Brtnya bisa dikatakan diragukan. Bg seorang wrtawan mencantimkan sumber berita sangat penting. Ini engga ada sumbernya.

  • Djulianta

    Saya mohon kepada penulis Budi Muda yang menulis “BAHAYA! JANGAN SIMPAN TELUR DI KULKAS”… Apakah Bapak Budi sudah menyelidiki dengan seksama pernyataan yang Bapak tulis? Ini sangat lah berbahaya. Bakteri Salmonela akan berkembang biak dengan baik didalam suhu. Makanya dalam mengembangkan bakteri di laboratorium untuk penyelidikan atau pendidikan… selalu di taruh di incubator yang suhu udara nya TIDAK DINGIN agar cepat berkembang biak.

  • tono

    Setahu saya sih putih telur juga menahan bakteri shg apabila dlm kulkas lebih menghambat pembusukan

  • endy

    Kalau sebatas pengetahuan umum, pendinginan mencegah pembusukan. Sama seperti daging. Nah kalau bakteri di cangkang, itu didalam atau di luar ?. Kalau didalam berarti kan ayamnya ngga sehat. Kalau diluar, itulah kenapa dari jaman leluhur kita diajarkan mencuci telur sebelum disimpan. Dulu sih pakai sabun ya. Cuma jaman sekarang orang suka malas. Cari cepatnya aja

Leave a Comment