Banjir Parah di Kabgor, 160 Pasien Dievakuasi, 10 Bayi Bertahan di NICU

Banjir Parah di Kabgor, 160 Pasien Dievakuasi, 10 Bayi Bertahan di NICU Pasien RS MM Dunda Limboto ketika dievakuasi oleh pihak rumah sakit karena air yang mulai masuk ke ruangan pasien. (foto Natha Gorontalo Post)

Berita Terkait


Banjir bandang yang melanda Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo tak hanya merendam pemukiman warga. Rumah Sakit MM Dunda Limboto di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto ikut pula tergenang. Akibatnya 160 pasien yang sementara dirawat harus dievakuasi.

KETENANGAN pasien yang menempati rumah sakit MM Dunda Limboto mendadak buyar, Selasa (25/10) malam sekitar pukul 20.00 wita.

Kala itu, air mulai mengenangi selasar rumah sakit. Beberapa pasien yang sudah tertidur lelap langsung terjaga. Pun demikian beberapa keluarga pasien menjadi panik dan mengemas barang-barang bawaan.

Dari selasar kini genangan air sudah mencapai ruang inap pasien. Tak ingin mengambil resiko, manajemen RS Dunda memutuskan mengevakuasi para pasien.

Awalnya evakuasi pertama dilakukan pada pasien di rung bedah. Pasalnya, lokasi tersebut merupakan tempat paling rendah. Sehingga pasien yang baru selesai dioperasi dipindahkan ke ruang ICCU yang lokasinya agak lebih tinggi.

Seiring bergulirnya waktu, genangan air makin tinggi. Melihat kondisi itu, pasien yang menempati ruang rawat inap kembali dievakuasi.

Kali ini tak lagi di ruang yang lebih tinggi melainkan langsung dibawa ke tempat yang lebih aman. Beberapa dievakuasi ke gedung Kasmat Lahay yang terletak di areal kantor Bupati Gorontalo. Selain itu untuk pasien yang kondisinya masih dalam penanganan intensif dirujuk ke Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) dan Rumah Sakit Islam (RSI) Kota Gorontalo.

Sebanyak 92 pasien saat itu dievakuasi. Menjelang subuh, genangan air yang awalnya berangsur-angsur surut, kembali meningkat. Lagi-lagi, pasien yang masih menempati gedung perawatan kembali dievakuasi. Total sebanyak 160 pasien yang dievakuasi.

Namun tak keseluruhan pasien yang dievakuasi. Sebanyak 10 pasien tak dipindahkan dan tetap menjalani perawatan.

Share

Leave a Comment