Bawaslu Gorontalo Adili KPU

Bawaslu Gorontalo Adili KPU KPU Gorontalo di gugat oleh tiga pasangan calon yang sudah ditetapkan sebelumnya. (Foto jalal khan/Gorontalo Post)

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gorontalo rencananya akan mulai menyidangkan gugatan dari dua pasangan Cagub-Cawagub yaitu pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim dan Hana Hasanah Fadel Muhammad-Toni Junus.

Kedua pasangan calon yang diusung partai politik itu, sebelumnya telah melayangkan gugatan terhadap keputusan KPU meloloskan pasangan calon.

Materi gugatan pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim atau duet NKRI mempersoalkan keputusan KPU meloloskan calon Wakil Gubernur Adhan Dambea.

Sementara pasangan Hana Hasana-Toni Junus atau duet HATI mempersoalkan keputusan KPU meloloskan Rusli Habibie sebagai calon Gubernur dan Adhan Dambea sebagai calon Wakil Gubernur.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Siti Haslina Said saat ditemui Gorontalo Post, di ruang kerjanya selasa (1/11) mengatakan, sidang yang akan berlangsung hari ini adalah merupakan sidang pertama.

Persidangan akan dibagi dua.

Untuk gugatan dari pasangan NKRI akan dilaksanakan pukul 10.00 wita.

Sedangkan gugatan pasangan HATI akan digelar pukul 15.00 wita. Sidang akan digelar di ruang sidang kantor Bawaslu.

“Memang tempatnya tidak terlalu refresentatif, hanya saya kira kalau untuk melaksanakan sidang ini tetap akan dilaksanakan di tempat itu,” ujarnya.

Mengingat ruang sidang berukuran kecil, Siti mengatakan, pihaknya akan membatasi pengunjung yang masuk dalam ruang sidang.

“Yang masuk hanya bagi yang berkepentingan saja. Karena selain termohon dan pemohon hanya disediakan 20 kursi di dalam ruang sidang, yang akan dipimpin langsung oleh tiga komisioner Bawaslu Provinsi Gorontalo,” tegasnya.

Siti juga mengungkapkan, untuk agenda sidang perdana nanti, Bawaslu akan mendengarkan pembacaan permohonan dari pemohon, dan sekaligus mendengarkan langsung jawaban dari pihak termohon.

Share

Leave a Comment