Bentor Online ‘Antar-Antar’ Hadir untuk Masyarakat Gorontalo


GORONTALO, Hargo.co.id – Meningkatnya perkembangan Informasi Teknologi (IT) di Gorontalo membuat para kreator IT di Gorontalo mulai membuat berbagai aplikasi berbasis teknologi.

Kali ini, dari hasil pengembangan pemikirian mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG),  Minggu (7/1), hadir aplikasi start-up Bentor Online : Antar-Antar.

Aplikasi berbasis Android yang sudah bisa di download di PlayStore itu hampir serupa dengan aplikasi bentor online yang sebelumnya sudah dibuat pemerintah Kota dan Kabupaten Gorontalo.

Namun dengan penamaan yang berbeda dari aplikasi bentor online, Antar-Antar diyakini bisa menarik perhatian pengguna bentor online di Gorontalo.
Aplikasi yang menghubungkan antara masyarakat atau konsumen Bentor (Becak Motor), kendaraan khas Gorontalo dengan Pengemudi Bentor ini, mulai dapat di download secara Gratis di Play Store. Untuk saat ini, aplikasi ini baru bisa digunakan pada smart phone Android.

Agus Lahinta, Dosen Teknik Informatika yang juga termasuk dalam Team Antar Antar mengatakan aplikasi ini dikembangkan oleh Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo  disiapkan kurang lebih sekitar 6 bulan.

Dari tahap perancangan sampai implementasi dilapangan. Ide awal dari aplikasi ini berawal dari keinginan untuk menghadirkan implementasi Teknologi smart phone dalam kehidupan masyarakat Gorontalo.

Salah satunya adalah kebutuhan untuk mengakses Bentor dalam kemudahan serta kepastian harga diawal sebelum menggunakan Jasa Bentor.

Hal ini didapatkan dari Survei awal yaitu mendeteksi masalah yang dihadapi oleh konsumen dan pengendara bentor, yakni masih manual: berupa akses dari konsumen ke Pengendara bentor, begitu juga sebaliknya. Survey biaya dan jarak juga dilakukan pada bagian awal ini.

“Setelah semuanya siap untuk diimplementasikan, maka Pengemudi Bentor sendiri, pada smart phone yang dimiliki diinstalkan aplikasi antar antar khusus untuk pengemudi bentor. Sedangkan konsumen dapat mendownload dengan gratis melalui Play Store aplikasi antar-antar ini,” ucap Dosen UNG itu.

Saat launching awa 7 Januari 2017, antar antar baru tersedia kurang lebih 20 Pengemudi dan Bentor yang terdaftar. Hal ini sebagai tahap awal dan juga perkenalan kepada masyarakat Gorontalo, dan juga menantikan tanggapan dari masyarakat untuk implementasi antar-antar, aplikasi Bentor online di Gorontalo.

Lanjut dikatakan Agus bahwa ini adalah salah satu dari implementasi karya mahasiswa yang diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya menghadirkan innovasi dalam setiap hasil kreatifitas Mahasiswa.

Antar antar ini adalah adalah salah satu Bisnis Start Up yang dikembangkan mahasiswa, dan diharapkan dapat menjadikan anak muda Gorontalo lainnya lebih kreatif dan inovatif dalam berkarya.

“Kedepan aplikasi ini diharapkan dapat menjawab beberapa kebutuhan masyarakat untuk mempermudah kegiatan-kegiatan lainnya, seperti berbelanja kebutuhan harian, makanan, laundy dan lain-lain. Hal ini juga diiyakan oleh Imam Buke, Syaifuddin Yunus, Khairudin F Nento dan Mohamad Rivai Sali yang juga merupakan founder dari antar-antar, aplikasi Bentor Online ini,” tandasnya.(Ndi/Hargo)

Share

KOMENTAR

  • Agus Lahinta

    Semoga kehadiran [antar antar] dapat diterima oleh Masyarakat Gorontalo dan dapat membantu Masyarakat Gorontalo. Welcoming StartUp

Leave a Comment