Bonbol Ketambahan 3 SKPD Baru


BONE BOLANGO, Hargo.co.id – Setelah melalui proses dan tahapan dan mekanisme yang begitu panjang.

Ranperda tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bone Bolango akhirnya disahkan DPRD Kabupaten Bonbol menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Hal ini ditetapkan dalam Sidang Paripurna DPRD Persetujuan atas evaluasi Gubernur yang digelar, Selasa(8/11).

Dari 20 OPD yang sudah ditetapkan, ada tiga OPD baru yang mengalami ketambahan yakni Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Dinas Pangan serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

Dari data yang dihimpun Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), untuk tiga OPD baru yang bertambah itu, dua diantaranya yakni.

Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif merupakan peleburan dari Dinas Perhubungan dan pariwisata (Dishubpar), dan Dinas Pangan merupakan peleburan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan peleburan dari Bagian Humas dan Kominfo.

Selain ketambahan tiga OPD baru. Ada 5 SKPD yang tidak berubah status/type maupun dilebur yakni, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dispora, serta Disdukcapil.

Dari total 20 OPD tersebut, lima diantaranya berubah status tipe A dan tipe C serta 10 Dinas lagi diantaranya dengan status tipe B. Sementara untuk badan, dua diantaranya berstatus tipe A dan satunya lagi dengan tipe c.

Begitu juga untuk Kesekretariatan yang ada terdiri atas sekretariat daerah, Sekretariat DPRD dan Inspektorat.

Sedangkan untuk OTK 18 Kecamatan tidak berubah, hanya saja lima diantaranya status Tipe B dan sisanya lagi 13 Kecamatan dengan tipe A. (Selengkapnya lihat grafis OPD Pemkab Bone Bolango).

Share

Leave a Comment