Bunga KUR Bakal Turun Lagi


Hargo.co.id GORONTALO – Setelah memperluas akses penyaluran melalui koperasi, multifinance hingga pegadaian, pemerintah juga bakal mengupayakan penurunan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) mulai tahun depan.

Hal itu sesuai dengan rencana Presiden RI Joko Widodo untuk menambah subsidi bunga khusus untuk KUR sehingga bunganya saat ini bisa turun lagi.

Saat ini, bunga KUR sudah menyentuh single digit, yakni 9 persen per tahun. Pada tahun-tahun sebelumnya, bunga KUR mencapai 22 persen per tahun.

Saat ini, pemerintah masih melakukan pembahasan terkait berapa besar penurunan bunga KUR. Terinformasi dari Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, bunga KUR kemungkinan akan mengalami penurunan paling tinggi sebesar 1 persen hingga 2 persen.

Bahkan, rencana pemangkasan bunga KUR tersebut sudah sempat beberapa kali diutarakan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, bahwa mulai tahun 2017 bunga KUR akan dipangkas lagi mencapai 7 persen per tahun.

Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara (DJPBN) Provinsi Gorontalo ketika dikonfirmasi terkait penurunan bunga KUR 2017, saat ini belum bisa memastikannya.

“Nah, itu kami masih menunggu dokumen anggarannya (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran/DIPA,red) yang akan ditandatangani pada Desember nanti.

Yang saat ini (wacana penurun bunga KUR,red) saya kira masih sebatas draf. Dan kalau masih draf, itu belum bisa diedarkan,” ungkap sumber dari DJPBN.

Saat ini, pemerintah dibawah Presiden Joko Widodo terus menggenjot penerimaan KUR dengan menargetkan Rp 100 Trilyun dengan 4 juta sampai 5 juta debitur pada akhir tahun ini.(axl/hargo)

Share
Diterbitkan dalam Ekonomi Ditandai ,

Leave a Comment