Cegah Pungli Lewat Aplikasi Stop Pungutan Liar


GORONTALO, Hargo.co.id – Kesungguhan Pemerintah Pusat memberantas pungutan liar (pungli) mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

Dukungan terhadap pemberantasan pungli berdatangan.

Seperti yang dilakukan tim Gorontalo Informatika yang sekarang ini sedang merancang aplikasi yang bisa diakses masyarakat untuk melaporkan pungli. Keberadaan aplikasi untuk mendukung pemberantasan pungli ini didedikasikan untuk Gorontalo Bersih.

Sejumlah personil yang tergabung dalam tim tersebut antara lain Arbyn Dungga, Salahudin Olii.

Menurut Arbyn Dungga, keinginan untuk merancang aplikasi tersebut didasari semangat untuk membersihkan pungli di Gorontalo. Terlebih, saat ini di Indonesia termasuk Gorontalo marak terjadi praktek pungli.

“Pungli adalah gunung es persoalan, jadi untuk mengungkapkannya dibutuhkan peran semua pihak. Dan aplikasi ini dibuat untuk memudahkan semua masyarakat berpartisipaai memerangi Pungli,” terangnya.

Arbyn mengatakan, aplikasi tersebut masih dalam pengembangan dan uji coba. Saat ini sudah ada beberapa komentar yang masuk lewat situs itu berupa pengaduan. Untuk menjalankan situs sendiri dilakukan melalui web browser.

“Itu baru dibuat. Nanti akan dicari waktu pas untuk diluncurkan,” tambahnya.

Iklim Investasi Kondusif

Pemberantasan pungli memang sangat dibutuhkan. Selain untuk membantu masyarakat, pemberantasan pungli ini juga untuk mendukung kemajuan investasi.

Dalam upaya menciptakan iklim investasi yang kondusif, Pemerintah Kota Gorontalo sudah siap dengan berbagai gebrakan. Selain terus membuat regulasi yang memudahkan investor, Pemkot siap untuk menyediakan infrastruktur penunjang.

Walikota Gorontalo, Marthen Taha saat memberikan sambutan dalam Groundbreaking Horison Hotel Gorontalo, Sabtu (22/10) mengatakan, pemerintah sangat terbuka dengan para investor, ada beberapa hal yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Gorontalo. 

Share

Leave a Comment