Ciptakan ATM Sampah, Hasilnya Menjaga Taman Selalu Bersih


Hargo.co.id Kota Gorontalo – MENDENGAR nama Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diingatan kita adalah untuk menarik uang ditempat ATM yang mudah dijangkau dan telah disiapkan di tempat-tempat umum.

Tapi, kali ini kata ATM tersebut bukan hanya digunakan untuk menarik uang saja, tapi digunakan untuk menyimpan sampah, dan hasilnya akan menjadi duit.

Inilah yang terlihat di Taman Rekreasi Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, dimana terdapat satu ATM Sampah yang tempatkan disitu. Modelnya dibuat hampir mirip sepetri ATM, ada kas dibawahnya, dan juga ada lubang untuk tempat keluar uang.

Tapi, ATM Sampah untuk lubang keluar uang, fungsi diganti untuk memasukkan sampah, yaitu sejenis sampah plastik.

Lurah Moodu, Rasjid R Male saat diwawancarai Gorontalo Post, Senin (7/11) mengatakan, ide tersebut merupakan ide darinya pribadi yang kemudian didiskusikan bersama dengan staf kelurahan dan juga pihak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Moodu.

“Kita mencari kata yang unik dan mudah membuat orang untuk bisa membuang sampah di tempatnya, dan kita dapatkan kata ATM, karena ini akan kembali menjadi uang,” kata Rasjid.

Dirinya menambahkan, cara kerja dari ATM sampah ini adalah, ketika masyarakat atau pengunjung membuang sampah di ATM Sampah tersebut, maka itu akan dikumpulkan oleh para penjaga taman, dan setelah sepekan itu akan dijual di bank sampah yang terletak di Kelurahan Moodu juga.

“Biasanya dalam sepekan sampah yang terkumpul mulai dari 10 sampai dengan 20 kilogram, dan dijual dengan harga Rp 1.500 per kilogramnya. Hasilnya untuk penjaga taman tersebut, itu untuk menambah penghasilan dari mereka,” kata lurah Rasjid.

Sementara itu, ketua LPM Kota Gorontalo Dirson Lasanudi menyampaikan kedepan pihaknya akan mengagas ATM sampah ini sampai ke tingkat lingkungan yang berada di Kelurahan Moodu.

“Dengan adanya bank sampah yang dibentuk di kelurahan Moodu, maka kita harus memanfaatkannya, bahwa sampah itu berguna bahkan bernilai ekeonomi,” ungkapnya.

Pengunjung taman rekreasi Moodu, Lisa Rosita dan Nadia Prananda yang baru pertama kali ke taman rekreasi tersebut mengaku terkejut dengan adanya ATM Sampah, mereka langsung memungut sampah untuk dimasukkan ke ATM sampah.

“Baru lihat namanya ATM sampah, ini unik, kita langsung ambil sampah dan dimasukan ke ATM sampah tersebut,” pungkasnya. (*/hargo)

Share

Leave a Comment