Dampak Bencana Alam, 33 Warga Marisa Kehilangan Rumah

Dampak Bencana Alam,  33 Warga Marisa Kehilangan Rumah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pohuwato, Tony Dj. Mopangga

Berita Terkait


Hargo.co.id MARISA – Akibat berbagai bencana yang melanda masyarakat di Kabupaten Pohuwato, baik itu kebakaran, tertimpa pohon, abrasi dan lain sebagainya, membuat puluhan masyarakat harus kehilangan rumahnya.

Dari data yang berhasil dirangkum Gorontalo Post (group hargo) sejak Juni 2015 lalu, ada kurang lebih 33 masyarakat yang saat ini kehilangan rumahnya akibat bencana. Diantaranya, 9 rumah tertimpa pohon, 20 rumah yang terbakar dan 4 rumah yang terkena abrasi pantai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pohuwato Tony Dj. Mopangga ketika diwawancarai menjelaskan, mereka yang terkena bencana saat ini sudah diproses untuk pengajuan proposal permintaan Bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR).

Ada yang sudah selesai dibangun, ada yang masih sementara diproses dan ada pula yang telah mendapatkan rumah sehat.

“Mereka yang terkena bencana saat ini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah lewat program BBR,” ungkapnya.

Jadi, tugas BPBD bukan hanya pada saat kejadian saja, akan tetapi mulai dari pendeteksian sedini mungkin wilayah rawan bencana, mengatasi terjadinya bencana hingga membantu pada saat usai bencana.

“Mereka yang terkena bencana bukan berarti dibiarkan begitu saja, akan tetapi setelah terjadi bencana, kami pun mempunyai tanggungjawab agar bagaimana masyarakat yang terkena bencana tersebut tidak terbebani. Insya Allah, seluruh masyarakat yang terkena bencana, akan kami bantu lewat program BBR dan semoga bantuan itu sendiri bisa bermanfaat,” pungkasnya. (kif/hargo)

Share

Leave a Comment