Dana Kampanye Gorontalo Maksimal Rp 15 M

Dana Kampanye Gorontalo Maksimal Rp 15 M Penandatanganan Pilkada Damai oleh masing-masing Paslon peserta Pilgub Jumat lalu. (foto Natha Gorontalo Post)

Berita Terkait


GORONTALO, hargo.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo dan tim sukses tiga pasangn calon (Paslon) calon gubernur dan wakil gubernur gorontalo telah menyepakati total dana kampanye yang akan digunakan selama masa kampanye.

Setiap calon hanya boleh mengeluarkan dana kampanye maksimal Rp 15 miliar.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Muhammad N Tuli, mengungkapkan, total dana kampanye yang akan digunakan oleh masing-masing paslon di Pilgub Gorontalo, telah disepakati berada di angka Rp 15 Miliar untuk setiap paslon.

“Sudah disepakati totalnya Rp 15 Milliar untuk setiap paslon, dana ini itu nantinya akan digunakan oleh setiap paslon selama masa kampanye,” ujarnya.

Muhammad juga mengatakan, untuk masa kampanye sendiri telah dimulai dan dibuka dengan pelaksanaan deklarasi kampanye berintegritas dan damai.

Setelah itu, KPU telah menetapan jadwal bagi paslon cagub dan cawagub untuk melakukan kampanye rapat umum terbuka maupun terbatas.

Kampanye rapat umum terbuka adalah kampanye yang diadakan secara besar di lapangan terbuka dimana substansinya sama dengan kampanye pada umumnya namun pelaksanaanya dimonitor oleh KPU dan Bawaslu.

Untuk kampanye umum , para tim sukses (timses) wajib melaporkan semua kegiatan kampanye meski tidak diatur secara mendetail ke KPU, Bawaslu dan Polda Gorontalo.

Soal potensi kecurangan yang bisa terjadi saat kampanye, Muhammad mengatakan ketiga paslon yang saat ini menjadi peserta Pilgub Gorontalo adalah mantan pimpinan daerah sehingga seharusnya bisa menjaga timsesnya dari kecurangan.

“Mudah-mudahan tidak ada yang melanggar karena resikonya jelas, contohnya politik uang, yang melakukan politik uang akan langsung didiskualifikasi jadi jangan coba-coba main money politik, resikonya sangat besar,” pungkasnya. (tr-45/hargo)

Share

Leave a Comment