Disbuh Buat Aplikasi Bentor Online, Efektifkah ?


GORONTALO, Hargo.co.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo (Kabgor) mencoba mencari solusi terkait permasalahan kemacetan yang disebabkan oleh bentor yang parkir sembarangan. Dishub berencana akan meluncurkan aplikasi bentor online via smartphone, khusus di Kabgor. Efektifkah ?

Meski mendapatkan berbagai dukungan, rencana tersebut tetap saja membuat sebagian kalangan pesimis.

Pasalnya, aplikasi e-bentor yang pernah di launching oleh Pemerintah Kota Gorontalo hingga saat ini kabur penerapannya. Tantangannya adalah, tidak semua abang bentor memiliki smartphone.

Kadishub Kabgor, Sumanti Maku, mengatakan, aplikasi yang akan dibuat tersebut tidak hanya memungkinkan pengguna smartphone untuk memanggil bentor, tapi yang lebih utama adalah membuat bentor tertib dan tidak sembarang mangkal di jalan raya.

“Jadi, mereka akan punya tempat mangkal tersendiri. Nanti saat dihubungi baru mereka jalan. Dengan begitu, tidak ada lagi bentor yang parkir sembarangan di jalan,” kata Sumanti.

Selain itu, melalui aplikasi ini pula, Dishub sebelumnya sudah menggagas Persatuan Bentor se-Kabgor dan sudah melakukan musyawarah besar.

Disitu, kata Sumanti, anggota persatuan bentor ini terdaftar di aplikasi online, plus akan dibuatkan koperasi dibawah naungan instansi terkait dan bengkel khusus.

“Kita akan buatkan koperasi dan bengkel khusus. Jadi, melalui koperasi itu, setiap anggota hanya menyetor Rp 10 Ribu per bulan. Jika ingin ingin mendapatkan servis bentornya, bisa uangnya bisa diambil di koperasi tadi,” imbuh Sumanti.

Tidak hanya servis, abang bentor juga bisa mendapatkan smartphone dari koperasi tersebut.

Dia mengakui, rencana pembuatan aplikasi ini hingga pengaturan di lapangan nanti masih banyak yang kurang. Namun, Sumanti yakin jika suatu saat pasti kesemrautan yang disebabkan oleh bentor akan teratasi.

“Jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi. Alhamdulillah, melalui musyawarah program ini sudah mendapatkan dukungan dari bentor-bentor,” tandasnya. Rencananya, aplikasi itu akan dirilis pada malam pergantian tahun nanti di Pentadio Resort.

Ajis, salah seorang abang bentor yang berdomisili di Kelurahan Hepuhulawa, Limboto, mengatakan, sangat antusias dengan program tersebut, utamanya adalah koperasi dan bengkel.

“Biasa torang ini tidak ada uang kalau bentor rusak. Jadi, kalau ada koperasi, sudah bisa langsung diservis. Tidak harus ba utang lagi,” pungkasnya.(TR-53/hargo)

Share

Leave a Comment