Diterjang Banjir, Jembatan Pulubala Nyaris Putus

Diterjang Banjir, Jembatan Pulubala Nyaris Putus Jembatan di Desa Pulubala yang amblas setelah diterjang banjir.

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Meluapnya air sungai akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Pulubala, Selasa kemarin, menyebabkan jembatan penghubung yang ada di Desa Pulubala, Kecamatan Pulubala nyaris abruk.

Jembatan yang menjadi satu-satunya akses penghubung masyarakat Desa Pulubala ini, amblas setelah mengalami abrasi sungai, akibatnya sebagian badan jalan jembatan ini rusak parah, sehingga sebagian besar warga yang melintas di jalan ini terpaksa harus ektra hati-hati.

Sejumlah warga yang sempat diwawancarai awak media ini menjelaskan, derasnya air sungai yang menghantam jembatan ini menyebabkan dinding penyangga jembatan tersebut tidak mampu lagi menahan arus sungai, akibatnya sebagian dindingnya amblas. Warga berharap agar kerusakan yang terjadi pada jembatan tersebut segera mendapat perhatian dari pemerintah.

” Sungai ini memang sering meluap, dan puncaknya kemarin yang menyebabkan dinding penyangga jembatan ini ambruk, kami berharap agar pemerintah memberikan perhatian serius terhadap kondidi jembatan ini, sebab inilah satu-satunya akses yang digunakan masyarakat.” Jelas Rinto.

Sementara itu Camat Pulubala Hermanto S. Asona yang ditemui diruang kerjanya menjelaskan, untuk langkah penanganan kerusakan jembatan terebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas PU, BPBD, serta Bagian Pembangunan, agar hal ini bisa segera teratasi, selain itu Hermanto menambahkan akibat kerusakan ini, sangat menggangu aktifitas masyarakat yang ada di Desa Pulubala, sebab menurutnya sebagaian masyarakat yang ada di wilayah tersebut adalah petani dan peternak.

” Jembatan ini banyak digunakan oleh warga khususnya para petani dan peternak, sehingga jika hal ini tidak segera diatasi, maka jelas akan berpengaruh pada aktifitas warga, saya berharap masalah ini bisa selesai dalam waktu dekat,” Ujar Hermanto.

Menanggapi hal ini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gorontalo, Doni Lahati menuturkan pihaknya sudah mengajukan usulan perbaikan sejumlah infrastruktur yang rusak akibat dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Gorontalo.

” Untuk penanganan kerusakan infrastuktur akibat banjir, hingga saat ini sudah diusulkan hingga ketingkat pusat, dan untuk realisasinya kita masih menunggu hasil proses verifikasi dari pemerintah pusat.” Ujar Doni. (rvg/Hargo)

Share

Leave a Comment