Dua Desa Di Bilato Masih Terendam Air

Dua Desa Di Bilato Masih Terendam Air Banjir yang masih Menggenagi sebagian besar rumah warga di Desa Juriah Kecamatan Bilato ( Foto Roy Gobel/Hargo.co.id)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Hingga Sabtu sore kemarin Dua desa di Kecamatan Bolato masih terendam air, kondisi ini membuat warga Desa Totopo dan Desa Juriah Kecamatan Bilato masih menempati tenda pengungsian, selain itu kekurangan air bersih masih menjadi masalah yang perlu segara di atasi.

Pantauan Hargo.co.id aktifitas warga di Desa Totopo dan Desa Juriah Kecamatan Bilato pasca banjir bandan yang melanda Kecamatan ini, belum sepenuhnya normal. Meski sebagian wilayah kondisi air mulai surut namun dua desa tersebut masih tergenang air.

Kurangnya persediaan air membuat sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai Bilato ini, memanfaatkan air yang bercampur lumpur untuk mencuci pakaian dan keperluan mandi. Sementara untuk makan dan minum warga masih mengandalkan bantuan dari pemerintah. Bahkan warga yang kehilangan rumah masih menempati tenda-tenda pengungsian. Sementara itu distribusi makanan dan batuan logistik lainnya masih terus berdatangan dari berbagai pihak.

Cama Bilato Rahmad Mohamad saat diwawancarai menjelaskan hingga saat ini masih ada dua desa yang terendam air dengan ketinggian  sekitar 50 cm, sedangkan jumlah warga yang mengalami dapak banjir berjumlah 1538 jiwa yang tersebar di tiga desa.

” Untuk saat ini, Desa Totopo dan Desa Juriah Masih terendam air dengan ketinggian sekitar 50 cm, dan hingga saat ini yang sangat dibutuhkan warga air bersih dan perlengkapan sekolah bagi anak-anak.” Ujar Rahmad

Selain itu lanjut Rahmad kendala yang dihadapi saat ini adalah kurangnya akses komunikasi sehingga sedikit menghambat proses distribusi bantuan, dan yang lebih penting lagi kurangnya lampu penerangan, sehingga pihaknya telah meminta PLN untuk menyediakan Genset di posko-pokso bantuan dan itu telah dipenuhi.(rvg/hargo)

 

Share

Leave a Comment