Ekonomi Konsumen Gorontalo Semakin Kuat

Ekonomi Konsumen Gorontalo Semakin Kuat Sejumlah warga saat berbelanja di Matahari, Mall Gorontalo beberapa waktu lalu. (FOTO NATHA/GORONTALO POST)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Perekonomian Gorontalo pada triwulan III 2016 telah mengalami pertumbuhan 6,98 persen (yoy).

Bahkan, perekonomian yang semakin membaik itu, diiringi dengan semakin menguatnya kondisi ekonomi konsumen di daerah ini.

Sebagaimana data BPS Provinsi Gorontalo, pada triwulan 2016, kondisi ekonomi konsumen di Provinsi Gorontalo meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

Dimana nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) pada triwulan III besarnya di atas 100, yaitu 107,89.

Meningkatnya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan III 2016 didorong oleh peningkatan volume konsumsi barang dan jasa rumah tangga sebesar 117,61 serta tingginya pendapatan rumah tangga sebesar 107,68. Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Ir. Eko Marsoro mengatakan.

“Jika dilihat dari sisi komponen penyusun ITK, indeks volume konsumsi barang dan jasa tercatat 117,61 meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya sebesar 117,50,” ungkapnya.

Peningkatan ini, lanjut Eko, diduga akibat fenomena musiman, yaitu adanya perayaan Idul Fitri dan Idul Adha lalu yang pada umumnya meningkatkan konsumsi, khususnya bahan makanan, pakaian dan transportasi.

“Selain itu, juga dipengaruhi oleh tahun ajaran baru, sehingga konsumsi di bidang pendidikan juga cukup tinggi,” jelasnya.(dan)

Share

Leave a Comment