Fadel Dibela, Golkar Bisa Pecah


GORONTALO, Hargo.co.id – Rencana Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie untuk membicarakan kembali pemecatan Fadel Muhammad dari kepengurusan partai dengan DPP, bisa menjadi boomerang bagi partai Golkar.

Langkah Ical sapaan Aburizal Bakrie yang terkesan membela Fadel Muhammad, bisa mengancam soliditas Golkar Gorontalo di Pilgub.

Kekhawatiran itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Gorontalo Ferdi Geni, saat diwawancarai Gorontalo Post, Minggu (27/11).

Dia mengatakan, sikap Ical yang terkesan membela Fadel Muhammad dari pemecatan Sekretaris Dewan Pembina DPP Golkar, bisa berdampak terhadap soliditas Golkar Gorontalo. Dia memprediksi akan terjadi perpecahan dalam tubuh partai berlambang pohon Beringin itu.

Karena kharisma Fadel Muhammad masih sangat kuat. Apalagi kalau Fadel Muhammad sudah terang-terangan naik panggung kampanye pilgub untuk memenangkan istrinya Hana Hasanah yang mencalonkan diri sebagai Gubernur dan berpasangan dengan Toni Junus.

“Pemecatan Fadel bisa menjadi boomerang bagi Golkar itu sendiri,” jelasnya.

Tapi Ferdi Gani bisa memaklumi pembelaan Ical terhadap Fadel.

Karena keduanya memiliki hubungan emosional sebagai sesama politisi yang dibesarkan oleh Golkar dan sama-sama berlatarbelakang sebagai pengusaha. Disisi lain, langkah Ical ini juga sebetulnya untuk kepentingan Golkar di Pilgub Gorontalo.

“Mungkin saja Aburizal melihat jika Fadel memimpin langsung kampanye pemenangan Hana, dipastikan akan menjadi lawan berat Rusli-Idris. Dan itu sangat dikhawatirkan. Itu sebabnya Ical mempertanyakan polemik dipecatnya fadel dari Golkar, karena kekhawatiran Ical terhadap Pilgub Gorontalo,” tandasnya.

Tapi Sekretaris DPD I Golkar Gorontalo Paris Jusuf, menampik kekhawatiran itu. Dia mengatakan, upaya yang diambil Ical sama sekali tidak akan berpengaruh bagi Golkar Gorontalo. Apalagi sampai memecah soliditas untuk memenangkan pasangan yang diusung Golkar yaitu Rusli Habibie-Idris Rahim.

“Yang terjadi di DPP sama sekali tidak akan berpengaruh di daerah. Sampai sekarang semua elemen partai solid untuk memenangkan pasangan NKRI,” jaminnya.

Share

Leave a Comment