Google Persembahkan Doodle Khusus untuk Mengenang Pak Raden


Hargo.co.id – Tampilan laman pencarian Google pada hari ini (28/11) terlihat cukup menarik. Sebab yang ditampilkan sebagai doodle khusus yakni beberapa karakter dalam serial legendaris Si Unyil.

Beberapa karakter yang tampak yakni Si Unyil, Pak Raden, Pak Ogah, dan Meilani.

Pihak Google punya alasan tersendiri menjadikan Si Unyil sebagai doodle khusus hari ini. Hal tersebut adalah bentuk penghormatan kepada Drs. Suyadi, yang merupakan pencipta karakter Si Unyil dan juga pemeran Pak Raden. Pria asal Puger, Jember, Jawa Timur itu ternyata hari ini merayakan ulang tahun ke-84. Oleh sebab itu di tengah doodle juga tampak sosok Suyadi.

Menurut penelusuran Wikipedia, Suyadi merupakan lulusan bidang seni rupa Institut Teknologi Bandung dari 1952 hingga 1960. Dia bahkan sampai belajar animasi ke Perancis dari 1961 hingga 1963.

Nama Suyadi dikenal luas berkat Si Unyil yang tayang di TVRI setiap hari Minggu dari 1981-1993. Saking melambungnya namanya, dia sempat didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar. Suyadi diniali berjasa dan memberi kontribusi dengan melahirkan sejumlah buku dan film animasi buat anak-anak.

Suyadi meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jakarta pada 30 Oktober 2015 silam. Meski telah berpulang, karya dan sosoknya sebagai Pak Raden tetap melegenda.(ded/JPG/hargo)

Share

Leave a Comment