Hari Ini Putusan Bawaslu, 3 Paslon Gubernur Gorontalo Ini Optimis Menang


GORONTALO, Hargo.co.id – Menjelang putusan Bawaslu, masing-masing kubu pasangan calon sama-sama optimis menang.

Seperti disampaikan Hana Hasanah, dirinya tidak terlalu memusingkan gugatan yang tengah berlangsung di Bawaslu Provinsi Gorontalo.

“Mau lolos satu pasang, dua pasang maupun tiga pasangan calon, saya tidak terlalu mau memmikirkannya, yang terpenting bagi saya, seluruh calon harusnya bersaing secara fair,” ujarnya.

Karena menurut Hana, seluruh persoalan yang berkaitan dengan hukum sudah mejadi urusan tim kuasa hukum partai yang selama ini telah mengurusi persoalan itu. Hanya saja menurut Hana, jika Bawaslu benar-benar independent, Bawaslu harus berani bersikap dalam putusan nanti.

“Kita lihat saja besok (Hari ini,red), beranikah Bawaslu memutuskan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur Adhan Dambea mengemukakan, nasib demokrasi di Gorontalo nanti akan tergantung pada keputusan Bawaslu Provinsi Gorontalo nanti.

“Saya yakin komisioner Bawaslu adalah orang-orang yang independent, tapi beranikah mereka nanti membuat keputusan yang benar-benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa takut akan ancaman dari pihak manapun,” ujarnya sambil tersenyum.

Karena menurut Adhan, dari seluruh fakta hukum yang telah terkuak saat pelaksanaan sidang, sudah jelas siapa yang benar dan salah dari seluruh gugatan yang diajukan.

“Saya tentunya optimis, gugatan yang kami ajukan ke KPU terkait status terpidana Rusli dan menyangkut kebijakan mutasi yang dilakukannya pada bulan juli kemarin,” tambahnya.

Sedangkan terkait gugatan yang menyangkut ijazah miliknya, Adhan mengaku tidak terlalu memikirkannya. Karena menurut mantan Walikota Gorontalo itu, persoalan ini sudah selesai dan meyakini persoalan ini tidak akan bisa mengganggu pencalonannya di Pilgub Gorontalo.

Tim Penasehat Hukum pasangan NKRI (Nyata Karya Rusli-Idris) mengaku optimis menang.

Tim Penasehat Hukum NKRI, Meyke Camaru mengatakan, gugatan NKRI terhadap pasangan Zainuddin Hasan-Adhan Dambea (ZIHAD) optimis diterima dan dilanjutkan untuk proses berikutnya.

“Banyak alasan hingga kami optimis, hanya saja kami tak bisa ungkap di media. Intinya optimis gugatan dapat diterima,” kata Meyke Camaru.

Share

Leave a Comment