Indonesia, The Famouse Next Destination Versi China Travel and Leisure


Hargo.co.id SHANGHAI – Lagi! Wonderful Indonesia diapresiasi oleh media global yang berbasis di Tiongkok dan berkonten travel. Yakni China Travel and Leisure yang memiliki edisi majalah dan digital.

Kali ini, Indonesia ditetapkan sebagai The Famous Next Travel Destination, dalam acara 10th Anniversary China Travel and Leisure Award di Wanda Reign Shanghai, Selasa (15/11). Award itu diterima Sesmen Kemenpar Ukus Kuswara didamping Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Wilayah Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu.

Penghargaan ini terbilang strategis, mengingat reputasi media yang memberikan benar-benar independen dan yang punya sejarah panjang dalam reportase tour, travel dan destinasi wisata dunia. China Travel and Leisure juga sudah menjadi rujukan traveller Asia.

“Terima kasih China Travel and Leisure. Penghargaan yang bermakna karena diberikan oleh media di Tiongkok yang semakin paham akan potensi new destination atau next destination,” ujar Sesmen Kemenpar, Ukus Kuswara.

Bagi Kemenpar, klaim next destination ini sangat bagus. Karena China adalah salah satu pasar potensial, dan ditempatkan sebagai originasi utama bagi Indonesia. Sampai dengan bulan September 2016, China Traveller sudah menempati peringkat I, mengalahkan Singapore, Malaysia, Australia, Jepang dan Korea ke Indonesia. “Next destination itu memberi rasa optimis bagi kami, untuk mendatangkan wisman dari Tiongkok,” tutur Ukus Kuswara.

Menurut Ukus, outbound traveller Tiongkok itu sudah tembus 120 juta di tahun 2015 lalu. Mereka menyebar ke seluruh dunia, termasuk Negara-negara Eropa dan Amerika. Mereka juga ke Asia Tenggara, dan yang ke Thailand lebih dari 8 juta tahun 2015 lalu. “Yang ke Indonesia baru 1,2 juta saja, atau 1 persen dari seluruh wisatawan Tiongkok yang ke luar negeri,” ujar dia.

Ukus juga mengucapkan selamat kepada Menpar Arief Yahya, yang sekali menekankan bahwa Kemenpar harus berani berkompetisi, bersaing di level global. Karena itu harus senantiasa menggunakan standar global. “Kini, semakin banyak lembaga-lembaga internasional yang respek dan mengakui kinerja percepatan Kementerian Pariwisata RI,” katanya.

Apa yang membuat Travel Destination Wonderful Indonesia mendapat respons positif? Diakui sebagai yang terbaik oleh China Travel and Leisure? Yang utama, Wonderful Indonesia sudah mulai mendapatkan reaksi yang bagus dari pasar Tiongkok. Gambarannya sudah bisa dilihat di periode Januari – Agustus 2016. Di periode itu, kunjungan wisman Tiongkok mencapai 980.184 orang.

Share

Leave a Comment