Ini 4 Resep Rumahan untuk Atasi Sakit Gigi


Hargo.co.id – Sakit gigi bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Terlebih ketika penderitaan yang disebabkan seolah tiada akhir.

Beberepa penyebab sakit yang tak tertahankan itu biasanya diakibatkan oleh gigi berlubang, infeksi, akar gigi yang terekspos, gigi retak, penyakit gusi, gigi oglek, atau gangguan sendi pada rahang.

Jika anda memiliki masalah dengan sakit gigi, dokter tentunya adalah jawaban terbaik anda, sementara beberapa home remedy di bawah ini bisa anda jadikan alternatif lain.

Berikut seperti diambil dari Top10HomeRemedies.com:

1. Lada dan garam.
Campuran lada dan garam dipercaya memiliki khasiat mengatasi sakit gigi yang disebabkan gigi sensisif, karena keduanya memiliki sifat antibakteri, antiradang dan sifat analgesik

Cara menggunakan:
Campurkan lada dan garam masing-masing dalam jumlah yang sama dengan sedikit tambahan air. Oleskan campuran tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.

2. Bawah putih
Bawang putih sangat baik digunakan untuk mengatasi sakit pada gigi. Antibiotik dan beberapa sifat obat-obatan yang dimilikinya mampu meredakan rasa nyeri yang disebabakannya.

Cara menggunakan:
Hancurkan bawah putih, atau bisa juga gunakan bubuk bawang putih, campurkan dengan garam dan oleskan pada gigi yang sakit. Jika anda suka, anda boleh mengunyahnya.

3. Bawang merah
Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang dapat mengontrol rasa sakit anda. Bawang merah sangat efektif dalam membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Cara menggunakan:
Jika anda merasakan gejala awal sakit gigi, kunyah bawang merah mentah hingga beberapa lama hingga tidak lagi terasa sakit. Jika anda tidak dapat mengunyahnya, letakan bawang merah tepat pada gigi atau gusi yang sakit.

4. Daun jambu
Sama seperti lainnya, daun jambu juga memiliki sitat antiradang, analgesik dan antimikrobial yang anda butuhkan untuk meredakan sakit gigi.

Cara menggunakan:
Cukup dengan mengunyah satu atau dua lembar daun jambu hingga jus yang dihasilkan dari kunyahan tersebut mulai bereaksi terhadap rasa sakit.

(Fajar/hargo)

Share

Leave a Comment