Ini Dia Sosok Plt Gubernur Gorontalo


GORONTALO, Hargo.co.id  – Pengisian kursi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Gorontalo telah disiapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Telah dipastikan jika pejabat yang akan menempati jabatan Gubernur sementara waktu itu adalah pejabat eselon I dari Kemendagri.

Sejak sabtu (22/10), beredar kabar jika pejabat yang ditunjuk Mendagri Tjahjo Kumolo adalah Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Prof Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyebutkan, jika Plt Gubernur untuk tujuh provinsi yang sedang berhajat Pilkada telah ia siapkan dan segera diumumkan pasca penetapan pasangan calon peserta Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing daerah, pada Senin (24/10) hari ini.

Ke tujuh provinsi tersebut masing-masing Gorontalo, DKI Jakarta, Papua Barat, Aceh, Banten, Sulawesi Barat, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kabar ditunjuknya Dirjen Dukcapil Kemendagri sebagai Plt Gubernur Goronbtalo Prof Zudan Arif Fakrulloh, telah menjadi perbincangan hangat dikalangan pejabat Pemprov Gorontalo, Minggu (24/10) kemarin.

Hanya saja, Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monorfa kepada Gorontalo Post mengatakan, masih belum menerima surat keputusan dari Kemendagri terkait Plt Gubernur Gorontalo.

“Surat resmi dan SK Mendagri belum kami terima,”kata Sekda Prof Winarni, kemarin. Sementara itu, informasi yang diperoleh Gorontalo Post, kemarin menyebutkan, serah terima jabatan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim ke Plt Gubernur akan dilakukan di Kemendagri, Kamis (27/10) mendatang.

“Agendanya seperti itu, pak Gubernur (Rusli Habibie,red) akan menghadiri serah terima jabatan,”ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo Dra. Asri W Banteng, tadi malam.

Disinggung soal kepastian Plt Gubernur adalah Dirjen Dukcapil Prof Dr. Zudan Arif Fakrulloh, Asri W Banteng tidak menampiknya, hanya memang secara resmi baru akan diumumkan Mendagri Tjahjo Kumolo, usai penetapan calon Pilkada.

“Katanya seperti itu, pak Zudan. Kita masih tunggu SK, nanti juga akan ada penyampaian dari Mendagri,”kata Kepala Biro Pemerintahan Asri W Banteng.  (tro/hargo)

Share

Leave a Comment