Ini Jumlah TPS yang Disiapkan KPU Gorontalo Jelang Pilgub


 GORONTALO, Hargo.co.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Gorontalo mulai menyiapkan seluruh alat peraga jelang Pilgub Gorontalo yang akan berlangsung Februari 2017 mendatang.

Seperti halnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilgub tercatat sebanyak 1979.

Yang tersebar masing-masing di Kabupaten Gorontalo 713 TPS, Boalemo 265 TPS, Pohuwato 230.

Di Bone Bolango 262 TPS, Gorontalo Utara 123 TPS dan Kota Gorontalo 254 TPS.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Muhammad N Tuli mengungkapkan, jumlah pemilih Gorontalo yang tercatat dalam DPS KPU Provinsi Gorontalo adalah 796.657 jiwa.

Jumlah ini teridiri dari pemilih laki-laki berjumlah 396.974 orang, sedangkan pemilih perempuan berjumlah 399.683 orang.

“Jumlah ini berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian yang telah dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Adapun jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri ke KPU sebanyak 813.640,” ujarnya.

Muhammad juga menambahkan, kedepannya, KPU Provinsi Gorontalo masih akan melakukan pemutakhiran data ulang untuk mendapatkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, untuk mengantisipasi jumlah pemilih yag belum memiliki e-KTP ataupun belum dipastikan KTP Elektroniknya, hingga saat ini Dinas Catatan Sipil masing-masing Kabupaten/ Kota masih terus memasukkan sejumlah data pemilih yang telah memegang E-KTP.

Sementara itu, disela sambutannya saat membuka langsung pelaksanaan rapat rekapitulasi DPS Gorontalo, Plt Gubernur Gorontalo, Prof Zudan Arif menghimbau penyelenggara pemilu agar tetap mengakomodir seluruh warga Gorontalo yang memiliki hak suara di Pilgub Gorontalo nanti. (tr-45/hargo)

Share

Leave a Comment