Ini Keuntungan Jika BI Miliki Kantor Representatif

Ini Keuntungan Jika BI Miliki Kantor Representatif Kantor BI Gorontalo yang direncanakan akan berdiri tahun 2018 mendatang.

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Bisa dapat dipastikan, 2018 mendatang,  Bank Indonesia (BI) akan segera memiliki kantor representatif.

Kantor baru BI Gorontalo informasinya akan di bangun di lahan hibah dari Pemprov Gorontalo yang berada di ruas Jalan Saptamarga, Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur (kawasan BPKP dan Museum Gorontalo).

Dengan luas lahan mencapai 9.466 meter persegi dan luas bangunan utama 7.856 meter persegi serta memiliki 4 lantai.

Menariknya, tak hanya dari segi bangunan yang akan dibuat lebih baik, jika sebelumnya BI Gorontalo menitipkan kas uangnya di Bank Mandiri Gorontalo dengan kemampuan saldo Rp 377 Miliar, di kantor barunya nanti, BI akan memiliki kas uang sendiri dengan kemampuan saldo diperkirakan akan melebihi Rp 1 Triliun.

Banyak dampak positif yang akan dirasakan Gorontalo ketika BI telah memiliki kantor yang representatif.

Diantaranya, kantor baru ini tentu akan membutuhkan SDM yang lebih banyak lagi, mulai dari tenaga pelayanan hingga keamanan.

Selain itu, dengan adanya kas BI yang lebih besar, perbankan akan semakin bergairah untuk membangun cabang-cabang lainnya di Gorontalo.

Karena adanya ketersediaan uang kartal.

Tak hanya itu, semakin representatifnya kantor BI ini akan mengurangi peredaran uang lusuh di Gorontalo.

Jika sebelumnya, masyarakat hanya bisa menukar uang lusuh pada momen lebaran Idul Fitri dan ketika melakukan transaksi di bank, namun saat kantor baru BI telah berdiri, pelayanan penukaran uang lusuh itu akan semakin meningkat.

Dimana BI akan melakukan pelayanan langsung ke masyarakat melalui kas keliling yang akan menyisir hingga ke pasar dan lokasi lokasi tertentu lainnya.

Kepala Kpw BI Gorontalo, Suryono mengatakan, kantor baru BI Gorontalo ini akan ikut mempengaruhi perekonomian di Gorontalo.

Share

Leave a Comment