Ini Penyebab Orang Menghina Lewat Sosmed

Ini Penyebab Orang Menghina Lewat Sosmed Ilustrasi

Berita Terkait


Hargo.co.id – Menghina seseorang secara tatap muka dan melalui dunia maya atau media sosial sama sakitnya. Bahkan, lebih parah melalui sosial media (sosmed). Pasalnya, banyak orang yang menyaksikan.

Itulah yang menjadi pandangan Chairman Masyarakat Telematika (Mastel) Insitute Nonot Harsono.

“Sebarannya jadi lebih luas. Karena kalau tatap muka itu yang dimaki satu orang face to face. Mungkin di depan lima orang saksi. Tapi kalau di sosmed sebanyak member di grup itu,” ujarnya di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11).

Karena itu, katanya, dampak penuduhan tanpa bukti jelas di sosmed akan terasa lebih besar.

Nonot beranggapan, penyebab sembarangannya netizen membuat berita atau tulisan bernada negatif lantaran saat melakukannya dia merasa sendiri.

Karena tahu hanya ada dirinya dan gadget yang dipegang, sambung Nonot, dia merasa leluasa meluapkan emosinya melalui tulisan-tulisan menghina.

Padahal, tulisannya itu tetap akan diketahui banyak orang ketika dibagikan di sosmed. “(Netizen) Semacam kurang kesadaran terhadap impact apa yang dilakukannya,” imbuhnya.

Sebab itu, Nonot mengingatkan untuk tetap memakai etika sosial saat menjelajah dunia maya. Terlebih, teknologi yang digunakan netizen hanyalah sebuah alat.

“Tetapi yang harus dijaga adalah prilaku dari seseorang bahwa menghina orang lain itu tidak boleh sebenarnya,” pungkasnya. (uya/JPG/hargo)

Share

Leave a Comment