Iwan Fals Titip Pelestarian Lingkungan ke Gubernur Lampung


Hargo.co.id BANDAR LAMPUNG—Penyanyi legendaris Iwan Fals menitipkan isu pelestarian lingkungan ke Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo. Pesan itu disampaikan Iwan Fals ketika menggelar konser bertema ‘Jaga Bumi, di Markas Brigade Infanteri-3 Marinir, Minggu (23/10/2016), Kabupaten Pesawaran

Sebelum konser yang dimotori Badan Pengurus Pusat Ormas Orang Indonesia (Oi) itu, digelar kegiatan pelestarian lingkungan dengan menanam 5.000 pohon mangrove di Desa Sanggih dan bersih kampung di Padang Cermin, Pesawaran, Sabtu (22/10/2016). Menurut Dan Brigif 3 Marinir Kolonel Hermanto aksi menanam mangrove untuk mengingatkan masyarakat mencintai lingkungan dan alam.

Menurut Iwan Fals, Lampung punya tempat spesial di hatinya karena istrinya, Rosana, kelahiran Lampung. “Lampung punya arti spesial buat Saya, karena di sinilah tanah kelahiran istri saya. Di sinilah saya meminta kesediaan dia untuk dibawa berkelana bersama ngamen dari kota ke kota,” kata musisi bernama asli Virgiawan Listanto itu.

Pada konser yang dipusatkan di Marine Eco Park itu, Iwan mengawali konser dengan lagu ‘Belum Ada Judul’. Gubernur Ridho tampak larut dalam konser berdurasi 19 lagu itu. Ridho menyanjung sosok Iwan Fals sebagai tokoh bangsa. “Iwan sangat peka dengan keberlangsungan bangsa lewat lagu-lagunya dan memberikan penyadaran ke masyarakat dan pemerintah, seperti isu lingkungan hidup. Terima kasih telah mengingatkan kita semua,” ujar Ridho menanggapi seruan Iwan Fals itu.

Tak hanya isu lingkungan. Di sela-sela lagunya, Iwan juga menyitir soal anjloknya harga singkong yang banyak mendapat perhatian Ridho. “Pak Gubernur, petani singkong di Lampung banyak yang sedih lho,” kata Iwan sambil memandang Gubernur Ridho Ficardo yang duduk di tribun kehormatan. Ridho tampak mengangguk dengan pesan itu.

Tak lama berselang, Ridho pun didaulat berduet dengan Iwan Fals lewat tembang ‘Manusia Setengah Dewa’. “Jujur saya tersanjung bang Iwan di Lampung atas inisiatif Komandan Brigif-3 Marinir. Pemprov pernah mau mengundang Bang Iwan tapi sulitnya minta ampun, karena jadwalnya penuh,” kata Ridho.

Pada konser yang juga dihadiri Kapolda Lampung Brigadir Jenderal Sudjarno, Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Kav Supriyatna, danribuan penonton itu, Ridho berharap Iwan terus mengritik pemerintah lewat lagu-lagunya. Ridho bahkan memuji Oi, organisasi penggemar Iwan Fals “Saya kagum dengan Iwan Fals yang punya Oi. Mereka solid dan terorganisir,” kata Ridho.
Untuk itu, Ridho berharap Oi bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung. “Sinergitas itu dalam dalam menjaga lingkungan hidup.

Lalu, memastikan pemerintah betul-betul bisa amanah dan menyejahterakan masyarakat. Saya dapat amanat dari Bang Iwan menjaga kelestarian lingkungan, tentunya Oi juga bisa bersinergi dengan saya,” kata Ridho.

Di akhir konser Dan Brigif Hermanto mengatakan, “Konser ini sebagai laporan kepada Pak gubernur dan Bang Iwan, TNI dan Polri kompak di Lampung. Intinya, Lampung kondusif, konsernya tertib dan aman,” kata Hermanto. (Hg)

Share

KOMENTAR

Leave a Comment