Jurnalis Berperan Jaga Kerukunan Umat


 

Hargo.co.id GORONTALO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama(Kakanwil Kemeng) Provinsi Gorontalo Dr H Rusman Langke M.Pd mengakui bahwa jurnalis sangat memegang peranan penting dalam menjaga, memelihara sekaligus membina kerukunan antar umat beragama yang ada.

Hal ini disampaikannya saat memberikan materi dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan peran jurnalis bagi guru, penyuluh dan pengawas lintas agama, Kamis(24/11).

Menurutnya, jurnalis dipandangnya juga sangat strategis dan butuh dipahami guru, penyuluh dan pengawas lintas agama dalam menunjang tugas dan fungsinya di lapangan.

Apalagi dalam menjawab persoalan kerukunan umat beragama yang belakangan ini menjadi trend publik. Tentu kata Rusman tidak ada alasan bagi guru,penyuluh dan pengawas lintas agama pun harus menggandeng atau setidaknya memahami ilmu jurnalis untuk kepentingan tugas dan fungsi mereka dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Sebab memang diakuinya pengaruh ilmu jurnalis sangat besar dimiliki oleh media cetak, elektronik maupun Cyber atau Internet. Apalagi dengan kemampuannya diera keterbukaan saat ini, tentunya kata Rusman jurnalis bisa mengusai dan memanfaatkan perkembangan informasi sebagai kekuatan sendiri.

Pimpinan Redaksi Gorontalo Post Hasanudin Djadin mengatakan, langkah dan upaya pers menjaga kerukunan dapat ditempuh dengan cara menjaga independensi dan rambu-rambu Undang-undang Jurnalistik yang tentunya mendepankan nilai kode etik dalam mengimplementasikan toleransi dan saling menghormati.

“Dalam artian nyaman dan tidak boleh mencampuri urusan keyakinan orang serta pentingnya lagi menyebarluaskan pesan damai ke Bhinekaan dan menghormati hukum serta etika atau nilai-nilai masyarakat, “ujarnya. (csr/hargo)

Share

Leave a Comment