Kades Buhu Kembalikan Uang Warga


Hargo.co.id GORONTALO – Setelah sempat berpolemik, adanya dugaan pungutan liar (Pungli) pada penerima bantuan rumah deret nelayan di Desa Buhu, Kecamatan Telaga Jaya akhirnya mulai mendapat titik temu.

Kasus yang sebelumnya telah ditangani Inspektorat Kabupaten Gorontalo itu merekomendasikan, agar uang yang diberikan oleh para penerima bantuan kepada Kepala Desa, dikembalikan lagi kepada warga penerima bantuan rumah deret.

Rekomendasi ini sendiri langsung direspond oleh pihak Pemerintah Kecamatan Telaga Jaya, untuk menggelar pertemuan antara warga dan Pemerintah Desa Buhu, terkait pengembalian uang.

Pertemuan berlangsung, Selasa (22/11) di kantor camat Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo. Sayangnya pertemuan yang dipimpin Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Telaga Jaya Romy Alulu, itu berlangsung tertutup.

Hadir dalam pertemuan ini masing-masing Kepala Desa Buhu Erni Djohan Tadulo, Ketua BPD Desa Buhu Heriyanto Palilati, dan 14 penerima rumah deret nelayan.

Dalam pertemuan ini sendiri, akhirnya disepakati Kepala Desa Buhu Erni Djohan Tadulo mengembalikan uang yang telah diberikan oleh penerima bantuan kepadanya.

“Pertemuan ini sesuai arahan langsung dari Bupati Gorontalo, setelah sebelumnya dilakukan penyelidikan oleh tim Inspektorat Kabupaten Gorontalo,”ujar Sekcam Telaga Jaya, Romy Alulu saat ditemui disela pelaksanaan pertemuan.

Romy juga mengatakan, diharapkan dengan adanya pengembalian ini, dugaan pungutan liar langsung tuntas.

Terpisah, ketua BPD Desa Buhu, Hariyanto Palilati kepada koran ini mengungkapkan. Dalam pertemuan itu, Kepala Desa Buhu Erni Djohan Tadulo telah mengembalikan uang yang sebelumnya diberikan oleh penerima bantuan kepadanya.

Hanya saja, Herianto tidak merinci berapa besar total uang warga yang dikembalikan Kades Erni.

“Kalau soal benar atau tidaknya Pungli terjadi, silahkan diartikan sendiri saja, hanya saja memang benar jika pertemuan tadi itu, sekaligus mengembalikan uang milik penerima yang ada pada pak Kades,” ujarnya.

Tak hanya itu, Heriyanto juga mengatakan, selain beragendakan pengembalian uang, dalam waktu dekat, Pemerintah Desa Buhu juga akan melakuan evaluasi kembali penerima bantuan rumah deret nelayan itu.

Setelah sebelumnya ada laporan dari sejumlah pihak bahwa penerima bantuan rumah deret ini diduga tidak tepat sasaran.(tr-45/hargo)

Share

Leave a Comment