Kambungu Beresi Bentuk Gotong Royong Masyarakat

Kambungu Beresi Bentuk Gotong Royong Masyarakat Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monoarfa mengecek daerah aliran sungai yang ada di Desa Polohungo, Kabupaten Gorontalo saat kegiatan kambungu beresi di daerah itu, kemarin. (foto : humas pemprov for Gp)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Gerakan kambungu beresi (bersih-bersih kampung) yang digagas kelompok masyarakat di Kabupaten Gorontalo mendapat apresiasi Pemprov Gorontalo. Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monoarfa, hadir langsung dalam gerakan kambungu beresi yang berlangsung di Desa Polohungo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, kemarin.

Aksi kambungu beresi telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir diberbagai wilayah di Kabupaten Gorontalo. Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monoarfa menyebutkan, kambung beresi merupakan gerakan yang secara langsung melibatkan masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan dan menjamin keberhasilan lingkungan.

Dalam gerakan ini juga muncul sikap gotongroyong yang merupakan ciri khas masyarakat Gorontalo. “Pesan yang ada dalam gerakan ini adalah gotongroyong atau dalam bahasa Gorontalo mohyula, dan ini masuk dalam Nawacita program Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, “ujar Prof Winarni Monoarfa.

Pemprov Gorontalo, lanjut Prof Winarni sangat mendukung kegiatan-kegiatan semacam itu, karena mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan. “Gerakan ini sangat bagus, positif sekali, mengajak masyarakat untuk bergotongroyong,” kata Prof Winarni.

Dalam aksi gerakan kampungu beresi yang berangsung di Desa Polohungo, tidak saja melaksanakan bakti masal bersih-bersih kampung, namun juga digelar senam bersama untuk mengajak masyarakat membudayakan olahraga,

melakukan penanaman pohon seperti pohon jogar, pohon mahoni dan penanaman bambu kuning. Termasuk sosialisasi pemanfaatan pekarangan untuk ditanami tanaman sayuran dan rempah, atau depula mandiri.

Penggagas kambungu beresi Dahlan Usman mengatakan aksi gerakan kambungu beresi yang berlangsung di Desa Polohungo merupakan gerakan ke 25 kali dilakukan. Ia berharap agar masyarakat proaktif dalam Gerakan Kambungu Beresi. “Partisipasi masyarakat mencerminkan mohuyula menjadi ciri khas masyarakat Gorontalo,”tandasnya.(tro/hargo)

Share

Leave a Comment