Kebutuhan Sembagko Meningkat, Pemerintah Tak Akan Biarkan Spekulan


GORONTALO, Hargo.co.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo mengaku tak akan membiarkan spekulan beraksi di tengah kondisi Gorontalo sedang ditimpa bencana yang menyebabkan produksi pertanian menurun.

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, Abdul Haris Hadju mengatakan, pihaknya bersama tim tak akan membiarkan spekulan di daerah ini.

“Tim kita selalu turun ke lapangan dan spekulan ini akan menjadi perhatian kita,” tegasnya.

Haris juga mengakui, di akhir tahun ini, permintaan sembako dan sejumlah barang kebutuhan di masyarakat mengalami peningkatan.

Namun, meski kebutuhan tinggi, Pemprov memastikan, stok sembako di Gorontalo masih aman.

“Beras telur, ikan dan beberapa kebutuhan pokok lainnya masih cukup tersedia di Gorontalo. Masyarakat tak perlu khawatir, misalnya untuk beras, kita barusan melakukan panen besar besaran, jadi stok melimpah. Tim kami juga sudah turun lapangan, harga masih terkendali untuk beras.

Memang ada beberapa komiditi naik, seperti tomat dan rica, itu karena cuaca, kemungkinan produksi menurun, tetapi harganya mudah mudahan masih dalam kewajaran,” katanya kepada Gorontalo Post.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pihaknya belum akan memasok sembako dari beberapa daerah, mengingat stok cukup dan Bulog siap untuk melepas stok beras dan gula ketika dibutuhkan.

“Kita di daerah kan ada Bulog, mereka punya stok beras dan gula,” ujarnya.(dan/hargo)

Share

Leave a Comment