Kemasan Jagung Bisi 2 Disoal

Kemasan Jagung Bisi 2 Disoal DPPKP, TNI, dan Aleg DPRD Pohuwato serta dari pihak agronomis PT Bisi saat menggelar jumpa pers kemarin. (F. Zulkifli Tampolo/ Gorontalo Post)

Berita Terkait


Hargo.co.id MARISA – Jagung bisi dua yang diberikan kepada masyarakat dipersoalkan oleh para petani khususnya di wilayah Kabupaten Pohuwato. Pasalnya, terjadi perbedaan kemasan pada bibit bantuan tersebut.

Petani menduga ada pemalsuan bibit. Bahkan, tulisan bisi 2 bisa dikupas alias dihapus. Hal ini pun kemudian menimbulkan pertanyaan dari masyarakat petani yang ada di Pohuwato.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DPPKP), Yance Rumondor beserta Ramadhan dari pihak Agronomis PT Bisi pada saat jumpa pers kemarin menyatakan, memang terkait dengan kemasan itu berbeda.

Untuk bantuan dari pemerintah itu ada labelnya. Sedangkan yang premarket atau yang diperjualbelikan, itu tidak tertuliskan label bantuan.

“Sama sebenarnya yang membedakan itu adalah kemasan, dimana ada yang merupakan bantuan dan ada pula yang diperjualbelikan di super market dan tempat perbelanjaan lainnya,” jelas dari kedua pihak tersebut.

Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir atau merasa dibohongi dengan persoalan kemasan. Sebab pada dasarnya, benih jagung ini sama. Jika kemasannya bisi 2, kemudian yang terisi di dalamnya adalah benih jagung plastic atau benih lainnya, maka itu bisa dipersoalkan.

“Memang banyak yang bertanya dan sudah kami sampaikan. Banyak pula yang belum mengetahui dan masih mempersoalkan hal yang sama. Oleh karena itu, kami pun berharap agar hal-hal ini bisa dikomunikasikan secara bersama-sama,” ungkap pihak dinas serta penyalur benih yang turut didampingi anggota TNI.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II, Rizal Pasuma bersama Sekretaris Komisi II, Iwan Abay mengemukakan, kami pun akan turut membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi salah tafsir terkait dengan persoalan kemasan.

“Jika ada yang hendak complain atau ingin bertanya lebih jelas lagi, maka silahkan dikomunikasikan secara bersama-sama, agar bisa jelas apa yang dipersoalkan tersebut,” pungkas kedua wakil rakyat ini. (kif/hargo)

Share

Leave a Comment