Kemenpar Gelar JWF Indonesia-Perancis di Jakarta


Hargo.co.id JAKARTA – Untuk terus meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan Perancis di Bidang Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Joint Working Group (JWG) on Tourism ke-3 yang dilaksanakan mulai tanggal 27- 28 Oktober 2016 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta. Ini makin relevan, karena turis asal Negeri Menara Eiffel itu sekarang menduduki peringkat satu, menggeser Inggris dan Jerman.

Selain itu, pariwisata Indonesia juga menjadi top of mind di beberapa saluran televisi di Paris. Program yang terkait dengan destinasi wisata Indonesia makin mendapat tempat di Prancis.

Deputi Kelembagaan Kemenpar Ahman Sya mengatakan, perhelatan JWG sebelumnya sudah dilaksanakan sebanyak dua kali. Yang pertama di JWG ke-1 di Jogjakarta pada tahun 2013 dan yang ke-2 dilangsungkan di Saumur Perancis, tahun 2015 lalu. Kali ini digulirkan di Jakarta.

Lantas apa yang dimaksud dengan JWG on Tourism ? Pria asal Ciamis itu menjelaskan bahwa ini adalah tindak lanjut kerjasama yang berkesinambungan antara Indonesia dan Perancis. ”Karena Indonesia dan Perancis sudah memiliki MOU (Momerandum Of Understanding, Red) kerja sama di bidang Pariwisata sejak 11 Juli 2011, jadi ini sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut,” kata pria yang juga pernah menjadi salah satu Rektor di Perguruan Tinggi di Bandung itu.

Adapun lingkup kerjasama area tersebut, imbuh Ahman, meliputi bidang administrasi dan manajemen Pariwisata, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan produk, pemasaran pariwisata, kerja sama sektor swasta, dan tekhnologi industri Pariwisata.

Share

Leave a Comment