Kemenpar Raih Dua Juara di Anugerah Media Humas 2016

Kemenpar Raih Dua Juara di Anugerah Media Humas 2016 dok. Kementerian Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menjuarai dua kategori bergengsi pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2016di Harris Hotel and Convention Festival Citylink, Bandung, Jumat, 18 November 2016.

Berita Terkait


Hargo.co.id JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menjuarai dua kategori di ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2016, yang dilangsungkan 18 November 2016 di Harris Hotel and Convention Festival Citylink, Bandung.

Kompetisi antarhumas di Kementerian, Lembaga dan Instansi pemerintah di Republik Indonesia. Dua kategori itu adalah Cinderamata Utama dan Profil Lembaga Humas.

Sayang, Booth Kemenpar yang didesain khusus kapal phinisi dan dilengkapi multimedia War Room M-17 hanya mendapatkan juara harapan II. “Padahal, booth itu sebenarnya kami proyeksikan bisa menjuarai ajang kompetisi yang digelar tahunan itu,” ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik, M. Iqbal Alamsjah, saat melaporkan hasil AMH kepada Menpar Arief Yahya.

Iqbal Alamsjah tidak sedang protes, atau meragukan sudut pandang penilaian tim juri. Karena tidak elok menyoal keputusan juri yang sudah bulat, tidak boleh diinterevensi dan tidak boleh diganggu-gugat itu.

Dia tetap menghormati apa pun hasil final yang sudah diketok juri pada seluruh stand yang tampil. “Bagi kami, yang penting kami sudah berbuat dan merencanakan yang terbaik,” kata Iqbal.

Sebenarnya apa sih filosofi booth Phinishi yang dinyatakan juara harapan II itu? Panjang ceritanya. Pertama, phinisi adalah simbol kekayaan budaya bahari Indonesia yang diwakili oleh Suku Bugis, Makassar, Sulsel. Pinisi sejatinya adalah nama layar.

Lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut” itu berawal dari sini. Mereka sudah berkeliling dunia dengan kapal layar itu sejak abad ke-15.

Kedua, di hampir semua Travel Market atau pameran pariwisata level dunia, seperti ITB Berlin, WTM London, CITM China, ATM Dubai, ITB Asia Singapore, NATAS Singapore, JATA Jepang, dan lainnya, desain model Phinisi inilah yang selalu juara.

Mengalahkan Jepang, Korea, Singapore, Hongkong, China, Taiwan, Thailand, India, dan Malaysia. “Karena itu, kami menggunakan desain phinisi,” ujar Iqbal yang bersemangat tahun depan akan dipersiapkan lebih bagus.

Share

Leave a Comment