Kepri Carnival, Pukau Wisman dan Yachters


Hargo.co.id TANJUNGPINANG – Rangkaian acara menuju Festival Bahari Kepri 2016 betul-betul memberi warna yang berbeda di Tanjungpinang, Kepri. Terutama Kepri Carnival 2016 yang kali ini dibuat sangat bertema, dan menjadi supporting Sail Karimata 2016.

Ada arak-arakan carnival dengan kostum warna-warni gemerlap yang wow, tidak kalah dari Jember Fashion Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Solo Batik Carnaval, ataupun Malang Flower Carnival yang sudah mendunia.

Sedikitnya 115 talent Provinsi Kepri mampu memukau wisatawan mancanegara (wisman) yang memadati Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat, 28 Oktober 2016 itu. Mereka adalah para wisatawan bahari dan yachters yang merapat di Tanjung Pinang, dalam rangkaian Sail itu. “Kepri harus sering mengadakan events dan terjadwal rapi, lalu dipromosikan jauh hari, agar menjadi atraksi atau tontonan menarik buat wisatawan bahari,” kata Menpar Arief Yahya.

Lebih dari dua ribu pasang mata memadati Gedung Daerah, Tanjungpinang. Bahkan ratusan yachter berbaur bersama masyarakat untuk menikmati suguhan Kepri Carnival. Kehadiran talent-talent yang dibalut dengan berbagai fashion kebudayaan tersebut menjadi magnet tersendiri bagi wisman maupun masyarakat lokal. “Itu akan menjadi ajang welfie yang mengesankan bagi wisatawan,” kata Arief Yahya.

Selain menunjukan kebolehannya di hadapan para wisman di halaman Gedung Daerah. Para talent juga berjalan melintasi jalan Pos dan Jalan Jusuf Kahar. Kemudian kembali ke Gedung Daerah, Tanjungpinang. Masyarakat antusias dengan berbaris di sepanjang jalan melihat parade fashion tersebut.

“Kami menaruh hormat dan apresiatif kepada Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Kepri yang sukses menyuguhkan berbagai fashion yang berbau kebudayaan daerah,” ujar Ketua Harian Festival Bahari Kepri, Guntur Sakti disela-sela kegiatan.

Kedispar Kepri yang jago MC dan bersuara bariton itu mengatakan, Kepri Carnival kali ini menyuguhkan berbagai tema. Seperti kesenian tradional Kepri, Makyong, Tepak Sirih, Gonggong, dan Jong. Menurut Guntur, even ini jangan dilihat dari sisi entertainnya saja, juga harus dilihat dari sisi edukasinya. Karena ada pesan yang disampaikan.

“Para yachter sangat takjub dengan even-even wisata yang kita siapkan itu.Apalagi para yachter kita undang khusus,” papar Guntur yang berkeyakinan besar, Kepri Carnival ini bisa lebih menarik lagi ke delan.

Bahkan, bisa menjadi spirit baru bagi dunia pariwisata Kepri. Dijelaskannnya, kenapa Kepri Carnival menjadi kegiatan pilihan yang mewarnai FBK. Yakni ingin meneguhkan posisi Kepri sebagai salah satu Provinsi Karnaval di Indonesia. Apalagi Kepri merupakan beranda terdepan Indonesia di bagian utara yang berbatasan langsung dengan negara-negara Asean. Seperti Malaysia dan Singapura.

Share

Leave a Comment