Label Harga Barang Harus Jelas

Label Harga Barang Harus Jelas Tim pengawas barang dan jasa saat melakukan pengawasan di Alfamart Gorontalo beberapa waktu lalu. (Foto dok Hamdan Abubakar/Gorontalo Post)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Dalam bisnis atau jual beli, informasi harga barang sangat dibutuhkan. Namun sayang, di Gorontalo, beberapa supermarket ataupun minimarket mengabaikan hal ini.

Bagian Pengawasan Barang dan Perlindungan Konsumen Perindag Provinsi Gorontalo, Fauzia mengatakan, sesuai Permendagri Nomor 35/M-DAG/PER/7/2013,

Tentang Pencantuman Harga Barang dan Tarif Jasa yang Diperdagangkan, pelaku usaha harus menempelkan harga barang pada barang yang dijual, termasuk informasi detail tentang produk yang dijual (berlaku untuk produk impor).

Ia juga menjelaskan, teerkait harga barang yang tertera di pajangan berbeda dengan harga di kasir. Konsumen bisa memilih untuk membayar barang dengan harga paling murah. Misalnya, dalam satu produk, harga di pajangan tertera Rp 2 ribu, sementara di kasir Rp 2 ribu 500, maka yang dibayarkan konsumen adalah harga terendah Rp 2 ribu.

“Dalam Permendagri tersebut, pada pasal 7, disebutkan bahwa pelaku usaha yang memperdagangkan barang secara eceran dan/atau jasa bertanggung jawab atas kebenaran harga barang dan/atau jasa yang dicantumkan.

Apabila terdapat perbedaan harga barang atau tarif jasa yang dicantumkan dengan harga atau tarif yang dikenakan saat pembayaran yang berlaku adalah harga atau tarif yang terendah,” jelasnya dan menegaskan, seharusnya, aturan perdagangan ini benar benar sudah dipahami oleh pelaku usaha.(dan/hargo)

Share

Leave a Comment