Lagi, Walikota Marten Taha Raih Penghargaan Pendidikan

Lagi, Walikota Marten Taha Raih Penghargaan Pendidikan Walikota Gorontalo Marten Taha ketika menerima penghargaan SaMA Award dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi semalam. (Diknas Kota Gorontalo for GP)

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Konsistensi Kota Gorontalo dalam meningkatkan mutu pendidikan terbukti teruji.

Semalam, (29/11) Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan School and Madrasah (SaMA) Award kepada delapan daerah yang mendukung peningkatan akreditasi di wilayahnya.

Kota Gorontalo salah satu dari delapan daerah tersebut.

SaMA Award diberikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi kepada Walikota Gorontalo Marten Taha, di Aston Imperial Bekasi Hotel and Conference Center, semalam (29/11).

Penghargaan ini merupakan kali pertama untuk Kota Gorontalo. Selain Kota Gorontalo, tujuh daerah lain, masing-masing Kabupaten Banyumas, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pidie, Kota Binjai, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Sukabumi dan Kota Pontianak mendapatkan SaMA Award.

Sebelumnya, Pendidikan Kota Gorontalo baru saja menerima anugerah Ki Hajar dari Kemendikbud. Anugerah Ki Hajar merupakan penghargaan yang diberikan bagi tokoh dan Kepala daerah yang dinilai punya integritas tinggi dalaam memajukan dunia pendidikan.

Kepada Gorontalo Post semalam, Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan pemberian penghargaan SaMA Award adalah bentuk komitmen Pemerintah Kota Gorontalo, khususnya di bidang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Saat ini seluruh Sekolah di Kota Gorontalo itu sudah terakreditas. Ada standar-standar yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan, salah satunya yakni Akreditas.

Dengan komitmen kami semua, maka sejak tiga tahun terakhir, melalui APBD Kota Gorontalo, kami menganggarkan untuk sekolah-sekolah yang belum terakreditas, kami lakukan akreditas oleh Badan Akreditas Nasional (BAN) Provinsi Gorontalo. Allhamdulillah sampai hari ini seluruh sekolah sudah terakreditas,” ucap Marten Taha.

Sebelumnya Marten pun sangat kecewa melihat banyak sekolah di Kota Gorontalo yang belum terakreditas.

“Mengetahui informasi itu, saya segara mengintruksikan kepada kepala dinas untuk mendata, dan meminta agar sekolah itu diakreditas. Kasihan, ketika sekolah tersebut tidak terakreditas, maka sekolah itu tidak bisa menggelar ujian Nasional.

Berkat konsistensi itu hari ini (kemarin-red) saya mendapatkan SaMA Award dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata mantan ketua DPRD provinsi Gorontalo itu.

Tugas berat akan diemban Marten di tahun mendatang. Marten menginginkan adanya penyetaraan prestasi di seluruh sekolah yang ada di Kota Gorontalo.

Share

Leave a Comment