LEBIH KEREN, Bentor Online Harganya Murah, Pengemudi Difasilitasi Rompi


GORONTALO, hargo.co.id – Pelayanan jasa transportasi semakin canggih.

Jika di Jakarta ada ojek online, di Gorontalo kini telah hadir bentor online. Mereka yang ingin naik bentor tak perlu bersusah-susah menunggu bentor di jalanan.

Hanya dengan menggunakan aplikasi bentor online antar-antar, penumpang bisa menunggu bentor di rumah.

Aplikasi bentor online antar-antar diluncurkan pada Sabtu (8/1) lalu. Aplikasi ini pun mendapat respon cukup besar di kalangan masyarakat, terutama mereka yang selama ini masih menggunakan jasa bentor.

Tercatat, aplikasi bentor online antar-antar sudah didownload oleh kurang lebih 2 ribu pengguna smartphone dan juga sudah mulai digunakan oleh masyarakat Kota Gorontalo.

Aplikasi bentor online antar-antar merupakan hasil karya dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Mereka adalah, Agus Lahinta, Imam Buke, Syaifuddin Yunus, Khairudin F Nento dan Mohamad Rivai Sali.

Untuk bisa menikmati layanan bentor online ini cukup mudah.

Terlebih dahulu kita harus mendownload aplikasinya di playstore, dengan nama aplikasi antar antar. Untuk mendownload aplikasi ini tak dikenakan biaya alias gratis.

Setelah terdownload, kita akan dimintakan untuk mengisi data diri, mulai dari nama pengguna, email, sampai nomor telepon. Selanjutnya, setelah data lengkap terisi, akan ada tampilan lokasi yang menunjukkan posisi kita berada.

Nah, untuk bisa menikmati jasa bentor online, kita tinggal mengisi saja lokasi mana kita akan bepergian dan jumlah penumpang.

Secara otomatis pun aplikasi akan memperlihatkan jarak tempuh yang akan dilalui plus dengan tarif bentor.

Sebagai contoh, ketika kita dari Jalan Jhon Ario Katili menuju kampus Universitas Negeri Gorontalo dengan jarak tempuh 2,13 Km dan penumpang dua orang, maka kita cukup membayar dengan tarif Rp 7 ribu. Tarif bentor ini sudah dihitung otomatis oleh aplikasi dan tentunya lebih murah bagi masyarakat pengguna bentor.

Setelah selesai mengisi lokasi tujuan dan jumlah penumpang, kita kemudian menekan logo bentor. Kita akan dikoneksikan dengan bentor. Setelah terkoneksi, akan muncul nama dan foto pengemudi bentor yang akan kita tumpangi.

Hanya saja, biasanya pengemudi sedikit lama untuk menghampiri penumpang, mengingat saat ini pengemudi bentor yang mendaftar di aplikasi tersebut baru sekitar 20 orang.

Agus Lahinta, dosen yang menjadi tim dalam aplikasi bentor online antar antar, mengatakan, perancangan aplikasi tersebut memakan waktu kurang lebih sekitar 6 bulan, dari tahap perancangan sampai implementasi di lapangan.

“Ide aplikasi ini berawal dari keinginan untuk menghadirkan implementasi teknologi smart phone dalam kehidupan masyarakat Gorontalo. Salah satunya adalah kebutuhan untuk mengakses bentor dalam kemudahan serta kepastian harga diawal sebelum menggunakan jasa bentor,” kata Agus Lahinta.

Bagi pengemudi bentor yang ingin mendaftar, bisa datang langsung ke sekretariatnya, yang terletak di Jalan Taman Surya, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengemudi bentor, seperti bentor harus milik sendiri, memiliki KTP dan SIM, memiliki smartphone yang dilengkapi dengan paket data.

“Yang mendaftar akan kita berikan lagi pembekalan, mulai dari penggunaan aplikasinya, sampai dengan pelayanan kepada penumpang. Dan kita juga memberikan rompi antar antar secara gratis,” kata Syaifuddin Yunus, mahasiswa yang masuk dalam tim antar-antar. (wan/hargo)

Share

Leave a Comment