Minimarket Wajib Pajang Produk UMKM


Hargo.co.id GORONTALO – Usaha minimarket berkembang cukup pesat di Gorontalo.

Tak hanya pelaku usaha lokal yang tertarik untuk membangun usaha ini, namun perusahaan perusahaan raksasa pun kini mulai mengembangkan sayap usahanya di Gorontalo.

Semakin banyaknya jumlah minimarket di Gorontalo, membuat pemerintah mulai berpikir untuk memberikan tanggungjawab kepada pelaku usaha minimarket dalam membantu UMKM di Gorontalo untuk memasarkan produknya.

Salah satu cara, dengan mewajibkan minimarket untuk menyediakan pajangan khusus produk produk UMKM khas Gorontalo.

“Kita sudah wajibkan toko toko modern atau minimarket untuk menyediakan pajangan khusus produk UMKM, ini kita maksudkan untuk menggeliatkan UMKM di Gorontalo,” kata Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, Abdul Haris Hadju, baru baru ini.

Menurut Haris, sejauh ini, potensi yang dimiliki UMKM di Gorontalo cukup bagus, baik dari segi kualitas produk, kemasan dan SDM.

“Dan yang sering menjadi kendala mereka adalah pemasaran, biasanya mereka hanya menunggu ketika ada momen besar di Gorontalo baru jualan, namun dengan adanya minimarket di Gorontalo, UMKm bisa terbantu untuk menjajakan produk produknya,” ujarnya.

Haris menjelaskan, di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, UMKM tak hanya dituntut harus pandai untuk memasarkan produk, namun bagaimana agar produk yang ada dapat bersaing, baik dari segi kualitas produk itu sendiri dan kemasan untuk produk makanan.

“Jadi sekarang sudah tidak bisa UMKM produksi asal asalan, harus diperhatikan kualitasnya,” tegas Haris.(dan/hargo)

Share

Leave a Comment