Ngunyah Permen Karet? Ini Efeknya terhadap Otak!


Hargo.co.id – Beberapa studi telah menunjukan bahwa mengunyah permen karet sambil melakukan pekerjaan lain dapat meningkatkan beberapa aspek pada fungsi otak.

Adapun peningkatan fungsi otak yang dimaksud, seperti dilansir AuthorityNutrition.com (27/10/2016), adalah meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, pemahaman serta membuat keputusan.

Dari sebuah studi, disebutkan bahwa mereka yang mengunyah permen karet sambil melewati beberapa rangkaian tes, menunjukan peningkatan sebesar 24 persen saat menjalani uji daya ingat jangka pendek, 36 persen lebih baik pada daya ingat jangka panjang.

Menariknya, dalam penelitian lain disebutkan bahwa mengunyah permen karet dalam beraktifitas dapat menyebabkan gangguan konsentrasi (terjadi di awal), namun dapat membantu anda untuk fokus jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Studi lainnya juga menunjukan mengunyah permen karet, setidaknya dalam kurun waktu 2 minggu lamanya, dapat membantu anda dalam meredakan stress, khususnya stress akibat tuntutan akademis.

Dengan terbiasa mengunyah permen, anda dapat mengurangi dampak yang disebabkan hormon stress seperti kortisol pada otak.(Fajar/Hargo)

Share

Leave a Comment