Operasi Zebra, Siswa Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas


Hargo.co.i GORONTALO – Pelanggaran lalu lintas di Kota Gorontalo cukup marak. Buktinya dari hasil operasi zebra yang digelar Polres Gorontalo Kota, (1/11 sampai 29/11), sedikitnya 222 kendaraan terjaring operasi.

Ironinya lagi, yang paling banyak terjaring adalah para siswa. Padahal, petugas Lalu lintas Polres Gorontalo Kota tak henti-hentinya mensosialisasikan pelarangan bagi pengendara yang masih dibawah umur.

Kapolres Gorontalo Kota AKBP Ronny Yulianto melalui Kasat Resrkim AKP Eko Baskara mengatakan,pihaknya sudah sering kali mengingatkan para siswa.

Bahkan pihaknya sudah melakukan penindakan tegas. Meski begitu, rupa-rupanya hal ini tak cukup memberikan efek jera bagi masyarakat untuk tidak membiarkan anaknya yang masih di bawah umur untuk mengendarai kendaraan bermotor.

“Para pengendara yang melanggar aturan itu, termasuk mereka para siswa langsung diberikan sanksi tegas. Ini adalah upaya kita untuk menyadarkan masyarakat Kota Gorontalo agar taat aturan lalu lintas,” jelas Eko.

Sementara itu, Yasin Usman, salah satu pengendara yang diwawancarai Gorontalo Post, mengatakan, operasi Zebra yang dilakukan petugas kepolisian ini sangat positif.

Apalagi saat ini Gorontalo cukup marak terjadinya kecelakaan lalu lintas dan pencurian kendaraan bermotor.

“Saya sepakat petugas memberikan sanksi tegas kepara para pelanggar lalu lintas. Ini untuk memberikan penyadaran dan efek jera untuk ditak berani lagi melanggar lalu lintas,” imbuhnya.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Mosyan Nimitch mengatakan, secara umum di Gorontalo, hasil operasi zebra yang digelar jajaran Polda Gorontalo menjaring lebih kurang sebanyak 1.037 pengendara terjaring operasi.

1.037 pengendara yang terjaring operasi itu terdiri dari kendaraan roda dua, tiga, dan roda empat. Pelanggarannya pun bermacam-macam.

“Dari total kendaraan yang melanggar aturan itu, sebanyak 736 kenderaan hanya dilakukan sanksi teguran. Sementara, 301 kenderaan dilakukan penilangan,” ungkapnya.(tr-53/tr-49/hargo)

Share

Leave a Comment