Pahlawan Gorontalo Nicolas Kaluara, Dikenang Lewat Tugu Perjuangan, Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan

Pahlawan Gorontalo Nicolas Kaluara, Dikenang Lewat Tugu Perjuangan, Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan Sebuah tugu sekira 8 meter, megah berdiri di tengah alun-alun Desa Bilungala, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango. (foto Jitro Paputungan Gorontalo Post)

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Sebuah tugu sekira 8 meter, megah berdiri di tengah alun-alun Desa Bilungala, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango.

Tugu dengan bendera merah putuh berkibar dipuncaknya ini merupakan bukti perjuangan kemerdekaan tim sembilan bentukan Nicolas Kaluara bersama masyarakat setempat, ketika melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan.

Peran tim 9 sangat populer di daratan Bone Pantai, mereka berhasil menangkap penjajah dan ikut berjuang bersama Nani Wartabone.

Masih di Desa Bilungala, jalan utama di desa ini juga diberi nama Nicolas Kaluara.

Sejumlah bangunan pemerintah, seperti sekolah, kantor camat, Mapolsek dan Koramil berada di jalan ini. Masyarakat begitu menghargai paran pria asal Sangie Talaud, yang pertama datang ke Bilungala sebagai guru sekolah rakyat ini.

Nicolas menumpang di rumah warga dan mengajar di SR Bilulangala, ia mempengaruhi warga Bilungala dengan semangat nasionalisme.

Nicolas Kaluara banyak mewariskan nasionalisme kepada murid-muridnya, para pemuda terutama dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

Antara lain peristiwa pemberontakan PRRI/Permesta di Sumatera Barat dan Sulut pada tahun 1957-1958.

Banyak pemuda dan muridnya yang menjadi pasukan rimba dibawa pimpinan Nani Wartabonem, dimana Bilungala dan sekitarnya menjadi pusat perjuangan dalam menumpas pemberontakan permesta di Gorontalo, yang tetap setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia.

Bagi Nicolas, bangsa ini bebas dari penjajah adalah harga mati untuk diperjuangkan. Tak heran, kakek buyut Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Hengkie Kaluara ini, mengalami siksaan Belanda yang luar biasa.

Share

Leave a Comment