Pariwisata Bisa Jadi Sumber Ekonomi


Hargo.co.id GORONTALO – Sektor pertanian sejak beberapa tahun lalu hingga kini masih menjadi sektor yang berkontribusi cukup besar dalam perekonomian Provinsi Gorontalo. Namun, tak bisa dipungkiri, untuk mendongkrak perekonomian daerah agar lebih kuat, pemerintah perlu menjajaki sejumlah sektor potensial untuk dikembangkan.

Misalnya, pariwista. Agar menjadi sumber perekonomian, sektor pariwisata harus dibenah. Mulai dari perbaikan fasilitas, pelayanan, kenyamanan, keamanan di lokasi objek wisata dan promosi. “Kalau mau ekonomi semakin baik, andalkan potensi wisata kita, karena ini juga bisa mendatangkan duit,” kata Johan, salah seorang warga di Kabila Bone.

Menurutnya , perhatian pemerintah terhadap sektor ini sudah ada, namun perlu untuk dimaksimalkan. Dan bahkan, pemerintah juga harus menggandeng pihak swasta, agar pemeliharan fasilitas yang telah dibangun dapat terus berjalan.

“Kalau cuman pemerintah saja, saya yakin fasilitasnya tidak akan bertahan lama, maka dari itu harus ada keterlibatan swasta dan paling penting masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, pihak perhotelan di Gorontalo juga menilai, ada beberapa wisata di Gorontalo yang masih perlu untuk mendapat perhatian pemerintah.

“Pemerintah mungkin bisa lebih memperhatikan sejumlah lokasi wisata yang belum memiliki fasilitas memadai. Karena ini juga sangat mempengaruhi wisatawan, mereka bisa betah atau tidak menikmati wisata di Gorontalo,” kata salah seorang manager perhotelan yang enggan dikorankan namanya.(dan/hargo)

Share

Leave a Comment