Pariwisata Bisa Jadi Sumber Perekonomian


Hargo.co.id GORONTALO – Sektor pertanian sejak beberapa tahun lalu hingga kini masih menjadi sektor yang berkontribusi cukup besar dalam perekonomian Provinsi Gorontalo.

Namun, tak bisa dipungkiri, untuk mendongkrak perekonomian daerah agar lebih kuat, pemerintah perlu menjajaki sejumlah sektor potensial untuk dikembangkan.

Misalnya, pariwista. Agar menjadi sumber perekonomian, sektor pariwisata harus dibenahi. Mulai dari perbaikan fasilitas, pelayanan, kenyamanan, keamanan di lokasi objek wisata dan promosi.

Kepala Bidang Pariwisata Dishuparkominfo Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran MSi mengakui, sektor pariwisata kedepan bisa menjadi sumber perekonomian daerah.

Sebab, pemerintah pusat dan daerah telah menjadikan sektor ini sebagai bagian dari program unggulan. “Pariwisata sudah masuk dalam program unggulan, di tingkat pusat saja sudah dibuat Kawasan Strategis Pariwisata nasional (KSPN) yang dimaksudkan untuk memajukan pariwisata di daerah.

Ketika wisata di daerah maju, jelas akan banyak manfaat yang diperoleh Gorontalo, misalnya jumlah wisatawan ke daerah ini akan terus meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, di Gorontalo, salah satu objek wisata yang paling menjual adalah wisata Hiu Paus yang sempat menyedot perhatian masyarakat baik lokal, nasional bahkan internasional.

“Kita yakin, kalau objek wisata sudah terkelola dengan baik, perekonomian kita akan semakin baik. Tetapi untuk memajukan pariwisata,

tidak hanya butuh peran pemerintah, tetapi juga membutuhkan peran dari kelompok sadar wisata yang harus memperhatikan sapta pesona,” jelasnya.(dan/hargo)

Share

Leave a Comment