Pasien Penyakit Kronis Tertolong BPJS Kesehatan


Hargo.co.id BANDAR LAMPUNG -Untung ada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan! Ungkapan itu pantas dilontarkan Keluarga Sumarwati pensiunan guru pegawai negeri sipil berusia 64 tahun. Guru yang sudah mengabdi selama 35 tahun sebelum pensiunnya, kini tergolek lemah di Rumah Sakit Urip Bandar Lampung usai diangkat rahimnya.

Ya, menurut penuturan Ferry, putra sulung Sumarwati, perempuan yang melahirkannya 37 tahun lalu itu didiagnosa mengidap kanker rahim. Kisahnya diawali 3 Oktober 2016 saat ibu yang sudah 12 tahun menopause tersebut tiba-tiba mengeluarkan flek darah seperti perempuan menstruasi.

Maka, hari itu juga keluarga membawanya ke Rumah Sakit Anugrah Medika Bandar Lampung yang tidak jauh dari kediaman mereka. Selain tidak jauh, rumah sakit itu juga menerima pasien BPJS Kesehatan.

Setelah dokter memeriksa kondisinya, maka diputuskan rahim sang ibu dikuret. Tujuannya untuk mengambil sampel jaringan rahim supaya bisa diteliti secara patologi-anatomi. Tindakan kuret itu sama sekali tidak dipungut biaya satu rupiah pun.

Jaringan itu dikirim ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek dan ditangani dokter patologi anatomi Wien Wiratmoko GTP.Sp.PA. Hasilnya terdapat sel kanker ganas di jaringan rahim itu. Maka, pemeriksaan Sumarwati selanjutnya diserahkan kepada dokter spesialis kanker kandungan RS Abdul Moeloek.

Dokter spesialis kanker kandungan menyarankan rahim Sumarwati segara diangkat karena stadium perkembangbiakan sel kankernya masih dalam stadium dini. Meski begitu, proses berkembang biaknya sel tersebut tergolong sangat cepat atau kategori kanker ganas.

Share

Leave a Comment